Kabupaten Kutai Barat

Bangun Solidaritas Dan Kebinekaan Melalui Jambore SEKAMI KASRI 2019 di Kutai Barat. Selasa (25/06/2019)

Pembukaan sekami

Simbolis Sekretaris Daerah Memukul Gong tadai Pembukaan Kegiatan Jambore SEKAMI KASRI 2019 di Kutai Barat. Kominfo Ary/Dos.kutaibaratkab.go.id

KOMINFOKUBARKAB-SENDAWAR – Sekretaris Daerah Kutai Barat Yacob Tullur membuka secara resmi Rangkaian kegiatan Jambore Serikat Kepausan Anak Remaja Misioner Indonesia (SEKAMI) Se-Keuskupan Agung Samarinda berlangsung meriah di Gereja Catholic Center St.Thomas Aquinas Kampung Ngenyan Asa Kecamatan Barong Tongkok, Sendawar – Kutai Barat. Selasa 25 Juni 2019 pukul 15 : 00 WITA.

Kegiatan pembinaan iman Katolik bagi anak-anak remaja yang mengusung tema “Sukacita Injil ditenggah Keberagaman Budaya Kalimantan Timur” diikuti 24 paroki dari total 25 paroki Se-Keuskupan Agung Samarinda dengan peserta, pendamping, para pastour, suster dan bruder sebanyak  1.918 orang, selama 4 hari (25-28) Juni 2019 mendatang.

Sekretari Daerah Kutai Barat Yacob Tullur, mengatakan, Kegiatan Jambore SEKAMI ini sangat besar manfaatnya guna membimbing serta mengarahkan anak-anak agar terhindar dari hal negatif, pengaruh pergaulan yang merusak. “Kepada para peserta hendaknya diikuti dan dimaknai dengan sungguh- sungguh selain dapat meningkatkan iman percaya, rasa kepedulian, persahabatan, tanggung jawab juga dapat  menjunjung tinggi nilai keberagaman dan toleransi yakni “Bineka Tungal Ika” untuk memajukan gereja, masyarakat serta bangsa,” Harapnya.

Uskup Agung Samarinda Mgr Yustinus Harjo Susanto MSF mengatakan, organisasi SEKAMI dalam gereja katolik merupakan salah satu organisasi tertua yang didirikan di Francis pada tahun 1843 dengan dasar pendirian yakni empati dan keperihatinan pada anak-anak diseluruh dunia karena berbagai macam penderitaan dan masalah sosial, ekonomi serta politik, dengan semangat serikat yakni doa, darma, kurban dan kesaksian.

Sementara menurut Direktur Pusat Pastoral KASRI  RD. Moses Advan Komela kegiatan ini merupakan program pembinaan iman kristiani untuk membangun kualitas sumberdaya manusia yang dapat berguna bagi gereja dan daerah terutama dalam binaan Keuskupan Agung Samarinda.  “kegiatan inti dari SEKAMI adalah memupuk rasa kepedulian persahabatan serta persaudaraan,” Jelasnya.

Poto bersama Tengah Sekretaris Daerah didampingi Romo Vikjen Keuskupan Agung Samarinda Moses A  Komela. Kominfo Kutai Barat Ary/Dos

Poto bersama Tengah Sekretaris Daerah didampingi Romo Vikjen Keuskupan Agung Samarinda Moses A Komela. Kominfo Kutai Barat Ary/Dos

Ia juga menyampaikan ucapan trima kasih yang sebesar besarnya kepada segenap unsur pemerintah serta TNI dan POLRI, Seluruh umat Katolik dan panitia atas dukungan serta bantuanya sehingga acara ini bisa terselenggara, “kiranya semua rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan baik dan diakhiri dengan kesan dan suka cita yang penuh,” tambah Moses A Komela. Kominfo Ary.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>