Kabupaten Kutai Barat

Bangun Komitmen Dan Sinergitas Tangani Stunting Dan Filariasis Mulai Dari Tingkat Kampung. Selasa (16/10/2019)

Foto Bersama Usai Minilokakarya Lintas Sektor.Kominfo Lsr.Kutaibaratkab.Go.Id

Foto Bersama Usai Minilokakarya Lintas Sektor.Kominfo Lsr.Kutaibaratkab.Go.Id

KOMINFOKUBAR – SENDAWAR, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Dinas Kesehatan Kutai Barat mengadakan Minilokarya Lintas Sektor bersama UPT Puskesmas Tanjung Isuy Kecamatan Jempang, dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum(BPU) Kampung Tanjung Isuy, Rabu, 16 Oktober 2019.

Kepala Dinas Kesehatan Ritawati Sinaga menjelaskan, maksud dan tujuan diselenggarakannya acara ini untuk menghasilkan kesepakatan kerja bakti serentak 12 Kampung di Kecematan Jempang pada tiap bulannya upaya pencegahan dan pengendalian penyakit menular dan memelihara kerjasama lintas sektor Kecamatan Jempang serta mengindentifikasi dan meningkatkan Akreditasi Puskesmas Tanjung Isuy.

“Kegiatan ini adalah upaya menyampaikan capain kinerja dan mencari solusi permasalahan serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, dengan tema tercapainya Kutai Barat yang Sehat”, tambah Kadis Kesehatan kepada Media.

Dikatakan lebih lanjut, dengan adanya kerjasama lintas sektoral, penanganan masalah kesehatan yakni penyakit Stunting dan Filariasis akan mudah ditangani ditingkat kampung. “Masalah kesehatan ini tidak bisa diselesaikan oleh tenaga kesehatan sendiri, namun harus bergandengan tangan dengan semua pihak untuk memperbaiki sistem dan merubah pola hidup sehat dimasyarakat, sehingga apa yang dicita-citakan yakni hidup sehat dapat terwujud”, terangnya.

Lokakarya Mini Lintas sektor puskesmas Tanjung Isuy adalah salah satu ruang membangun komitmen, menyatukan misi mulai dari ditingkat pemerintah Kampung, Kecamatan hingga Kabupaten, semua harus terlibat dan berperan, agar dapat mewujudkan Kutai Barat dan Indonesia sehat.

Camat Jempang H. Jumra menuturkan, bahwa masyarakat harus diberikan pemahaman yang kuat tentang kesehatan yakni penyebabnya adalah kurangnya pemahaman masyarakat tentang penerapkan pola hidup bersih dan sehat, “perhatian pada stunting, filariasi dan pelayanan puskesmas harus ditingkatkan”, harapnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Kepala Puskesmas Sailia Baraun, Danramil Agus Iriawan, Kapolsek Totok Pujo Susewo para Petinggi, Tokoh Masyarakat. kominfo Lsr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>