Penutupan Mubes Lembaga Adat Besar Kabupaten Kutai Barat.

Foto bersama usai penutupan Mubes Lembaga Adat Kabupaten Kutai Barat 2023. Foto : Rahmadani (Diskominfo).

Kominfokubar-Sendawar. Agenda Mubes Lembaga Adat Kabupaten Kutai Barat sudah berakhir dengan agenda utama yaitu memilih Kepala Adat Besar Kabupaten periode tahun 2023-2028, yang berlangsung di Luuq Tonyoi, Taman Budaya Sendawar, Barong Tongkok. Selasa,(14/03/2023)

Diketahui dalam 16 kecamatan yang ada di Kutai Barat terdapat kepala adat Kecamatan yang memiliki hak pilih dan hak dipilih atas Lembaga Adat Besar di Kutai Barat, pada penjaringan telah terpilih 3 orang calon yaitu nomor urut 1  Yoseph, nomor urut 2 Manar Dimasyah, dan nomor urut 3  Amantius Ugau.

Kemudian melalui beberapa proses dan pada pemilihan Kepala Adat Besar Kabupaten Kutai Barat 2023 menentukan dan menetapkan kembali Manar Dimasyah sebagai Kepala Adat Besar Kabupaten Kutai Barat.

Terpilihnya Manar Dimasyah kembali sebagai Kepala Adat Besar Kabupaten Kutai Barat dengan visi masyarakat yang berdaulat dan berkarakter di bidang Hukum, Adat, Seni dan Budaya dengan Misi melakukan sosialisasi pengetahuan dasar Hukum adat/Tutus adat kepala pengurus adat atau peminat. Membina dan melestarikan adat istiadat, seni dan budaya. Serta membentuk badan usaha yang dapat menunjang ekonomi masyarakat hukum adat Kutai Barat. Visi dan misi ini tentunya akan membawa masyarakat adat di Kutai Barat lebih maju dan lebih baik kedepannya.

Manar Dimasyah menyampaikan kedepannya bagaimana cara mengoptimalkan adat di Kutai Barat walaupun dalam  keadaan yang terbatas, kemudian mandat dari peserta Mubes yang dilaksanakan per 5 tahun sekali ini adalah bagaimana memberi resolusi  kesatuan landasan hukum adat agar segera mendapat pengakuan, karena bagaimana masyarakat di sebut beradat jika masyarakat belum di akui sebagai kesatuan masyarakat Adat yang bermartabat.” Pungkasnya.

Penulis : Rahmadani.   Editor : E. Akin.

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id