Tim TPID Barito Utara Lakukan Kunjungan Kerja Di Kabupaten Kutai Barat.

Asisten II Rahmat memberikan cindera mata kepada Plt. Assisten II Manat Simanjuntak di ruang diklat Kantor Bupati. Foto : Ester (Diskominfo).

Kominfokubar-Sendawar. Pemerintah Kabupaten Kutai Barat menerima kunjungan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Barito Selatan Kunjungan ini dalam rangka saling tukar menukar informasi (sharing) kegiatan inflasi daerah.

Kunjungan TPID Barito Selatan tersebut diterima Bupati Kutai Barat yang diwakili Assisten II Drs. Rahmat bersama kepala bagian Ekonomi Agus Dalung di lantai III ruang Diklat kantor Bupati. Selasa (8/11/2022).

Rombongan di pimpin oleh Plt. Assisten II Manat Simanjuntak, Tiar Regina Narbun Analis Kebijakan, Andre Iyeno Analis Kebijakan Ahli Muda dan Markus Tugano Pelaksana Bidang Ekonomi.

Menyambut kedatangan tim, Assisten II Rahmat mengharapkan terbangunnya sebuah kerjasama antar daerah. “Mungkin kita dapat lakukan kerjasama antara kami di Pemkab Kutai Barat dengan Pemkab Barito Selatan melalui TPIDnya. Misalnya ada kelebihan/surplus komoditi di daerah kami akan dapat menutupi defisit komoditi di Badung begitu sebaliknya, sehingga menjaga kestabilan harga,” imbuhnya.

Melalui kunjungan ini diharapkan hal-hal baik dan positif dari diskusi dapat digunakan sebagai perbandingan sehingga saling bermanfaat bagi kedua daerah. Assisten juga mengapresiasi adanya rencana kerjasama antar daerah yang diharapkan mampu mengatasi kelangkaan komoditi. Namun terwujudnya kerjasama ini dibutuhkan sebuah komitmen bersama dan konsistensi.

“Inflasi harus dijaga pada titik keseimbangan agar dapat memberikan stimulus kepada produsen untuk tetap berproduksi. Menjaga keseimbangan suplai sangat penting agar ketika perekonomian sudah pulih dan daya beli masyarakat sudah kembali normal, maka tidak terjadi tekanan yang signifikan terhadap harga-harga, khususnya kebutuhan pokok. Untuk itu kebijakan pengendalian  inflasi tidak hanya fokus pada pengendalian harga, tetapi juga daya beli masyarakat harus tetap terjaga,” Pungkas Rahmat.

Acara berlanjut dengan penyerahan cindra mata.

Penulis : Ester.     Editor : Emanuel A.

 

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id