Tanoto Foundation Gelar Pelatihan Menulis Praktik Baik Dan Membuat Video Kepada Fasilitator Daerah

Pelaksanaan kegiatan pelatihan menulis dengan baik, mengambil gambar dan mengedit Video. Foto : Welin (Diskominfo).

Kominfokubar-Sendawar. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Barat yang berkerjasama dengan Tanoto Foundation menggelar pelatihan menulis praktik baik dan membuat video kepada Fasilitator Daerah (Fasda) Kutai Barat. Kegiatan ini dihadiri dan dibuka Kepala Bidang Informasi Media Dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kutai Barat Yesi Alexander, juga dihadiri Pranata Humas Diskominfo Kutai Barat, Narasumber, pihak Tanoto Poundation dan peserta pelatihan, bertempat digedung Aji Tullur Jejangkat (ATJ). Kamis (29/09/2022).

Mengawali kegiatan ini Kepala Bidang Informasi Media Dan Komunikasi Publik Yesi Alexander  menyampaikan pesan dan harapan  agar peserta mempergunakan kesempatan ini dengan baik sehingga dapat menambah pengetahuan terutama mengenai cara menulis berita yang  baik  yang nantinya dapat dilihat dan dipublikasikan sehingga praktik baik dapat ditiru dan dikembangkan oleh guru lain, oleh karena itu pada pelatihan ini setiap peserta yang mengikuti kegiatan ini wajib membuat praktik baik dalam proses pembelajaran.

Kemudian Yesi Alexander  juga berharap peserta dengan kemampuannya nanti dapat mempublikasikan potensi-potensi  yang ada di Kutai Barat, terutama daerah-daerah wisata agar diketahui orang luar daerah Kutai Barat.

Sementara itu perwakilan dari Tanoto Foundation Ifan menjelaskan sebagai salah satu founder dunia pendidikan Indonesia, Tanoto Foundation selalu berusaha memberikan pelatihan kepada setiap pendidik dalam rangka peningkatan profesionalisme dalam proses pembelajaran baik perencanaan, pelaksanaan bahkan sampai proses pelaporan dan dokumentasi dalam rangka penyebaran informasi dalam pembelajaran.

“Pelatihan ini juga mengajak para peserta untuk langsung praktik cara menulis yang baik dan menyunting video pembelajaran dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi VN  di smartphone.” Jelasnya.

Kemudian peserta menyiapkan foto, video dan template yang dibutuhkan dalam menggarap video pembelajaran. Peserta menyiapkan peralatan yang akan digunakan seperti smartphone, pencahayaan, sudut pengambilan video, latar belakang yang digunakan dan pengambilan suara agar terdengar dengan baik.

“Untuk mendukung program pintar ini berjalan sesuai harapan dan cepat dimengerti peserta, kami  mendatang narasumber berasal dari Kaltim Pos, Tribun Kaltim dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Barat.”  Pungkasnya.

Penulis : Welin.     Editor : Emanuel

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id