Sosialisasi Dan Implementasi ATKP Yang Terintegrasi Dengan SIPLah

Asisten I setdakab Fautinus Syaidirachman menyaksikan  Kadisdik menandatangani dan berkomitmen mendukung program SIPLah di setiap satuan pendidikan. Foto : Donni (Diskominfo).

Kominfokubar-Sendawar. Dalam rangka mempermudah dan transparansi transaksi pada pengadaan barang dan jasa di sekolah. Pemerintah Kutai Barat melalui Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (DISDIKBUD) bersama Bank BPD Kaltimtara mengadakan sosialisasi dan implementasi Aplikasi Transaksi Keuangan Pemerintah (ATKP) yang terintegrasi dengan Aplikasi Sistem Pengadaan Sekolah (SIPLah), yang diikuti oleh perwakilan sekolah dari berbagai tingkat pendidikan. Bertempat di Balai Agung Aji Tullur Jejangkat, Sendawar. Selasa (27/09/2022).

Mengawali sambutannya Asisten I setdakab, Fautinus Syaidirachman mewakili Bupati Kutai Barat menyampaikan bahwa pemerintah mendukung implementasi transaksi Non tunai dengan menggunakan SIMDA keuangan yang telah terhubung dengan ATKP.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat turut mendukung implementasi transaksi non tunai yang dilaksanakan oleh bank kaltimtara dan terintegrasinya ATKP dengan SIPLah akan semakin mendukung transparansi transaksi pengadaan barang dan jasa pada lingkungan pendidikan di Kutai Barat.”  Jelasnya

Kemudian didepan para peserta sosialisasi dan perwakilan sekolah. Kepala Disdikbud Kutai Barat, Silvanus Ngampun menjelaskan berbagai manfaat dari SIPLah. bahwa Dampak implementasi SIPLah tidak hanya dirasakan oleh pejabat pengadaan dan pemerintah. tetapi juga memberikan dorongan kepada UMKM lokal setempat. Untuk menjadi penyedia barang dan jasa bagi seluruh sekolah di Kutai Barat.

“jadi dengan adanya SIPLah ini. Ini bisa memberikan kesempatan kepada UMKM lokal. Nanti UMKM lokal bisa mendaftarkan produk di toko SIPLah,” sebutnya sebagai salah satu manfaatnya.

Silnvanus ngampun juga menambahkan bahwa penerapan pengadaan melalui SIPLah menhadirkan solusi untuk berbagai kendala dalam pengelolaan dana bagi para satuan pendidikan.

“peraturan yang dibuat oleh kemendikbud. Ini sungguh sungguh sesuai dengan kebutuhan kita sekarang. Dan ini juga menghindarkan dari persoalan hukum,” Pungkasnya.

Penulis : Donni.     Editor : Emanuel

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id