Peletakan Batu Pertama Pembangunan Tapak Tower PLN Melak-Mook Manaar Bulant

Wakil Bupati Ediyanto Arkan  bersama pejabat lainya secara bersama-sama membunyikan sirene sebagai tanda dimulainya pembangunan TTP Melak-MMB. Foto : Welin (Diskominfo).

Kominfokubar-Mook Manaar Bulatn. Wakil Bupati Kabupaten Kutai Barat H. Edyanto Arkan secara simbolis melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Tapak Tower Pln Melak – Mook Manaar Bulatn (MMB). Dalam acara ini terlihat hadir mendampingi Wakil Bupati Kutai Barat, Ketua DPRD Kutai Barat Ridwai, Managemen PT.PLN (PERSERO), Camat Kecamatan Melak dan Mook Manaar Bulant, Kepala Kampung dan para pejabat esselon dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat. Kamis (22/09/2022.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Kutai Barat H. Edyanto Arkan mengatakan, bahwa agenda ini merupakan tindaklanjut dari Rapat Koordinasi dan Penandatangan  Prasasti oleh Pemkab dan PT.PLN. Hal tersebut tentu menjadi gerak cepat Pemerintah bersama Stakeholder terkait untuk mengupayakan percepatan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat yaitu ketersediaan listrik diwilayah-wilayah yang masih belum teraliri listrik.

“Pemerintah Kabupaten terus berupaya memenuhi janji kesejahteraan masyarakat dalam hal pemenuhan kebutuhan listrik hingga air bersih bahkan sarana infrastruktur.” Ungkap Wabup

Kemudian berdasarkan data yang dihimpun oleh Bagian Sumber Daya Alam, dimana sejak 1999 Kutai Barat berdiri hingga saat ini dari 190 Kampung dan 4 Kelurahan bahwa 124 Kampung dan 4 Kelurahan yang sudah  teraliri listrik dan 66 Kampung yang belum teraliri listrik. Pengentasan ketersediaan aliran listrik diwilayah-wilayah yang masih belum dialiri listrik yang terus menjadi prioritas Pemerintah Kutai Barat kedepannya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat pada tahun 2021 telah menghibahkan tanah kepada PT. PLN (Persero) yang dipergunakan sebagai lokasi Pembangunan Tapak Tower PLN Melak – Mook Manaar Bulatn dalam mempercepat proses peningkatan Rasio Elektrifikasi di Kecamatan Mook Manaar Bulatn. Yang mana dari 16 Kampung yang ada di Kecamatan Mook Manaar Bulatn sudah terdapat 1 Kampung yang teraliri Jaringan Listrik PLN dan 5 Kampung diharapkan akan teraliri Listrik apabila Tapak Tower PLN Melak – Mook manaar Bulatn selesai di bangun di tahap awal.

“Tentunya dengan sinergitas antara Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat dan PT. PLN (Persero) selama ini sudah terjalin dengan sangat baik di dalam percepatan pembangunan jaringan Listrik maka diharapkan pembangunan tersebut ditarget selesai pada tahun 2022 ini.”  Pungkasnya.

Penulis : Welin.    Editor : Emanuel

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id