Kecamatan Melak Akan Gelar Festival untuk Meningkatkan Seni dan Budaya Melayu

Camat Kecamatan Melak memberikan keterangan tentang rencana pestival kepada media. Foto : Andreas (Diskominfo).

Kominfokubar-Sendawar. Sebagai peningkatan seni dan budaya,  Kecamatan melak melaksanakan acara Festival Perahu Melayu dan Festival Gemeoh Siam – Ultima yang akan dilaksanakan dari tanggal 3-10 Oktober  2022 . kegiatan ini akan terpusat di daerah Pelabuhan melak yang menjadi tempat permainan anak, selter tepian Mahakam akan menjadi tempat kuliner dan simpang tiga pelabuhan akan menjadi tempat penjualan pernak pernik.

Kepala Dinas Pariwisata Yuyun Diah Setiorini mengatakan kegiatan ini bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Melak dan juga terus mendorong Kecamatan – Kecamatan lainnya untuk membuat kegiatan serupa untuk mengangkat seni dan budaya yang bisa dijadikan Festival dan event tetap sehingga bisa mendongkrak pariwisata daerah tersebut yang juga berdampak pada peningkatan perkonomian. ungkapnya pada media  Jumat 30/09/2022.

Ditempat terpisah saat dikonfirmasi media Camat Melak Mualiddin Said mengatakan bahwa prosesi acara akan dimulai pada tanggal 3 dengan penyambutan kepada para tamu undangan dan akan dilaksanakan acara adat yang disebut sawai yaitu proses menyampaikan niat baik dan berdoa agar apa yang diharapkan bisa terkabul  dan rangkaian acara dilanjutkan dengan Hadrah atau rebana tari-tarian khas adat Melayu dan kemudian akan ada Tarsu yaitu nyanyian tembang yang menceritakan sejarah berdirinya Kecamatan Melak.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa akan ada bermacam perlombaan  tradisional yaitu lomba ketinting pada Festival Perahu melayu dan   pada Festival Gemeoh Siam – Ultima akan dilaksanakan lomba tari zapin melayu, pidato berbahasa melayu, fashion show casual melayu. Juga akan ada  acara adat makan bekerobot bersama besela yakni makan bersama masyarakat sekitar dan para tamu yang datang hal ini bertunjuan untuk semakin mengikat  tali persaudaraan dan silahturahmi kepada para tamu yang datang ke acara Festival ini. jelasnya

Ia juga Berharap kepada seluruh masyarakat melak bisa membantu dan meramaikan acara ini karena acara ini perdana dilaksanakan selama berdirinya Kecamatan Melak.

“Kepada masyarakat seluruh Kutai Barat mari bersama datang dan menyaksikan acara pembukaan dan rangkaian acara serta lomba olahraga tradisonal lainnya.”  Harapnya.

Penulis : Andreas.     Editor : Emanuel

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id