Festival Melayu Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kecamatan Melak Ke-221

Bupati Kutai Barat di dampingi wakil bupati membuka festival Melayu Perdana di kecamatan Melak. Foto : Lilis (Diskominfo).

Kominfokubar-Sendawar. Perdana Pagelaran Budaya Melayu dilaksanakan di Kabupaten Kutai Barat, dimana digelar dua festival yaitu Festival Melayu dan Festival Perahu Melayu dalam rangka memperingati hari jadi Kecamatan Melak ke 221 tahun dan juga hari jadi Pemerintah Kecamatan Melak ke 110 tahun yang dilaksanakan meriah di Pesisir Mahakam yaitu Muara Siam Ulaq Telinga Matu (Siam Ultima) Kecamatan Melak. Dimana kegiatan tersebut digelar selama 8 hari yakni dimulai sejak 3-10 oktober mendatang yang mana juga mengangkat tema ‘Gemeoh’ yang artinya berkumpul.

Dalam festival tersebut dibuka langsung oleh Bupati Kutai Barat FX Yapan, dimana ia mengatakan bahwa melalui pelaksanaan festival ini kiranya semakin mendorong pelestarian adat istiadat serta kebudayaan asli dan juga mendorong peningkatan ekonomi masyarakat lokal.

Diharapkan dengan kegiatan ini mampu untuk menggali dan mengangkat kearifan lokal masyarakat Kecamatan Melak serta juga sebagai salah satu bentuk upaya untuk mengenalkan warisan budaya lokal terutama kepada generasi muda.

Dan juga ia meminta dukungan seluruh masyarakat dalam rangka memeriahkan kegiatan budaya ini dengan bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan.

“Kiranya bersama mensukseskan kegiatan ini hingga penutupan, saya berpesan agar kita selalu menjaga lingkungan bersama agar tetap bersih,” ungkapnya dimimbar pada saat sambutan.

Bupati imbau kiranya kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan rutin yang mana dengan moment ini menjadi tolak ukur kebangkitan seni dan budaya lokal yang dibalut dalam keindahan pesona Kutai Barat.

“Saya ucapkan selamat atas hari jadi Kecamatan Melak ke 221 tahun dan hari jadi Pemerintah Kecamatan Melak ke 110 tahun kiranya sinergitas dapat terus berjalan baik. Dan akhir kata Festival Melayu Gemeoh Siam-Ultima Kecamatan Melak Kabupaten Kutai Barat 2022, saya nyatakan resmi dibuka,” tutupnya sembari mengetuk selama 3 kali sebagai tanda resminya dibuka kegiatan tersebut.

Kemudian, disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Yuyun Diah Setiorini mengungkapkan bahwa festival ini merupakan kerjasama antar Dinas Pariwisata dan Pemerintah Kecamatan Melak.

“Kami dari Dispar berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Melak agar dapat bekerjasama melaksanakan festival ini dengan berbagai rangkaian. Yaitu selain festival budaya dan perahu melayu juga ada tari kolosal, lomba pidato dan puisi bahasa Kutai, tari jepen melayu, makan bekerobok besela, lomba fashion casual melayu dan olahraga tradisional. Serta juga festival kuliner khas melak dan stand pameran dan hiburan lokal,” bebernya.

Ia katakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan dan ekonomi kreatif yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kecamatan Melak pada hari ini. Dan berharap dari 190 kampung dan 16 kecamatan di Kabupaten Kutai Barat ini dapat mengadakan ivent-ivent festival yang dapat mengangkat kearifan lokal Kabupaten Kutai Barat yang mana juga berharap kecamatan lain dapat termotivasi.

“Jadi wisata bukan hanya objek wisata tetapi wisata budaya, wisata seni, wisata olagraga, wisata belanja dan wisata kuliner. Semuanya ada di Kutai Barat. Dan semoga pelaksaan festival ini hingga akhir dapat terlaksana dengan baik,” tukas Kadispar.

Lalu, disampaikan oleh Ketua Panitia  H. Mauliddin Said menjelaskan bahwa festival gemeoh siam ultima ini merupakan sejarah pertama kali diadakan. Dan festival ini ialah merupakan kegiatan silahturami yang mana gemeoh artinya adalah berkumpul. Dimana menjadi satu seluruh suku masyarakat di Kecamatan Melak.

“Inilah makna festival gemeoh yang artinya berkumpul, berdiskusi dan silahturahmi. Wujud dari gemeoh mengangkat kerarifan lokal melayu direkatkan kembali budaya melayu gemeoh. Dan kedepan festival ini akan digelar kembali dengan lebih meriah,” pungkas Camat Melak yang juga sebagai ketua panitia.

Penulis : Lilis.    Editor : Emanuel

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id