Dinkes Kubar Gelar Bimtek E- Puskesmas

Asisten II Rahmat saat membuka Bimtek E – Puskesmas yang dilaksanakan Diskes Kutai Barat. Foto : Firdaus (Diskominfo).

kominfokubar-Sendawar. Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Barat, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) E – Puskesmas (Sistem Informasi Administrasi Kesehatan)  bagi  19 Puskesmas  di Kabupaten Kutai Barat.

Acara dibuka langsung oleh Asisten II Rahmat, dan di dampingi oleh Kepala Dinas Keshatan Ritawati Sinaga, serta menghadirkan narasumber dari PT. Infokes  Indonesia Andri Maulana, berlangsung di ruang rapat lantai III Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D), Rabu (28/9/2022).

Aplikasi E-Puskesmas yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pencatatan data secara digital pada puskesmas Sistem terintegrasi yang mengimplementasikan aplikasi berbasis desktop dengan aplikasi berbasis online (website) yang digunakan oleh puskesmas untuk melakukan pencatatan data pelayanan sehari-hari. mulai dari data pasien, rekam medic dan obat-obatan.

Mengawali sambutan Bupati Kutai Barat Fx. Yapan yang dibacakan oleh Asisten II Rahmat menyampaikan, Semoga dengan adanya pelaksanaan bimtek ini dapat menunjang kegiatan pelayanan kesehatan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat guna mewujudkan Kutai Barat  Semakin Adil, Mandiri dan Sejahtera Berlandaskan Ekonomi Kerakyatan dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia.

Lanjutnya, mengingat begitu penting output dari pelaksanaan kegiatan pada hari ini, maka saya selaku Kepala Daerah mengharapkan kepada seluruh peserta bimtek yang terdiri dari 19 Puskesmas dengan utusan masing-masing 2 orang, 2 orang utusan UPT GFK dan 5 Orang dari Dinas Kesehatan untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan kemudian yang lebih penting adalah implementatifnya. “Saya harap seluruh bekal ilmu pengetahuan dan wawasan yang diperoleh dengan mengikuti kegiatan ini dapat segera diterapkan di wilayah kerja masing-masing.” Tegasnya.

Kemudian mengakhiri sambutannya Asisten II Rahmat mengucapkan terimakasih kepada PT. Infokes  Indonesia selaku Narasumber yang telah hadir pada hari ini dan apresiasi bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Barat yang telah menggagas dan  melaksanakan kegiatan bimtek ini.

“Kiranya tujuan pelaksanan bimtek ini dapat tercapai terutama untuk peningkatan sumber daya manusia kita berdasar pada kemampuan pengelolaan data kesehatan berbasis elektronik yang berdampak positif bagi peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Kutai Barat untuk Hari Esok Yang Lebih Baik Dari pada Hari Ini,” pungkasnya.

Penulis : Donni.       Editor : Emanuel

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id