Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 Tahun Di Kutai Barat.

Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Sekda serta Forkopimda  melakukan foto bersama usai upacara peringatan HUT RI ke-77 di alun-alun Itho. Foto : Lilis (Diskominfo).

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR. Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-77 Tahun, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat laksanakan upacara bersama di Alun-alun Itho Kutai Barat pada pagi hari tadi, Rabu (17/8/2022).

Dalam pengibaran Sang Saka Merah Putih berlangsung meriah yang mana diikuti ratusan peserta upacara yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di Pemkab Kutai Barat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Barat, Komando Distrik Militer (Kodim) 0912/KBR, Kepolisian Resort (Polres) Kutai Barat, Bandara Melalan Sendawar, Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kutai Barat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta puluhan pelajar dari tingkat SD, SMP dan SMA Sederajat.

Dan pada upacara tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Kutai Barat FX Yapan dan pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Kutai Barat Ridwai, sementara itu Komandan Upacara yakni oleh Komandan Rayon Militer (Koramil) Melak Lettu Inf. Lilik.

Kemudian, disampaikan oleh Bupati Kutai Barat menjelaskan bahwa Kabupaten Kutai Barat pada tahun 2022 ini dapat melaksanakan upacara bersama yang mana selama dua (2) tahun terakhir diadakan secara terbatas karena kondisi Pandemi Corona Virus Disease (Covid- 19). Diungkapkannya terlaksananya kegiatan ini yakni telah mendapatkan rekomendasi dari Pemerintah Pusat untuk melaksanakan upacara 17 agustus kembali tetapi dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes).

“Kita wajib merayakan HUT ini, dan tahun ini kita dapat merayakan bersama lagi tetapi menjaga prokes harus tetap diikuti. jangan lengah, tetap harus mengikuti prokes. Yaitu menjaga diri kita, keluarga dan juga menjaga masyarakat kita. Karena covid ini masih ada dan belum habis. Mari bersatu melawan covid dan bersatu membangun pembangunan yang berkelanjutan dan Sumber Daya Manusia (SDM) serta ekonomi kerakyatan,” ungkapnya kepada awak media seusai pelaksanaan apel, pada sesi wawancara yang mana didampingi juga oleh Wakil Bupati Kutai Barat Edyanto Arkan.

Peringatan kemerdekaan tahun 2022 ini mengusung tema ‘Pulih lebih cepat, Bangkit lebih kuat.’ Bupati mengajak seluruh OPD dan masyarakat Kutai Barat untuk saling bergotong royong dalam merawat kemerdekaan ini dengan saling bekerjasama membantu dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan di Kabupaten Kutai Barat ini.

“Mari saling bergotong royong dari segala aspek terutama pada aspek pembangunan. Pembangunan kedepan harus pembangunan yang berkelanjutan. Sesuai arahan Presiden RI membuat kita bangkit lebih kuat dan pulih lebih cepat,” urainya.

Selain pelaksanaan upacara juga dilaksanakan penyerahan penghargaan yaitu lomba kebersihan antar OPD, lomba kampung bersih, penghargaan akreditasi pengarsipan terbaik. Kemudian penghargaan partisipasi pendukung HUT RI ke-77, Penghargaan Hibah tahun 2022. Dan santunan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), santunan kematian dan partisipasi pajak serta penghargaan satya lencana.

Pada penyerahan penghargaan tersebut FX Yapan menghimbau agar yang menerima penghargaan tersebut dapat mempertahankan dan berpesan kepada seluruh OPD serta seluruh masyarakat Kutai Barat agar juga terus menjaga kebersihan serta kesehatan yaitu tetap mengutamakan serta mematuhi prokes dan mengikuti program vaksinasi covid-19.

“Tadi ada beberapa meraih juara dan penghargaan. Saya harapkan agar terus dipertahankan atau dikembangkan dan juga tetap prokes harus diutamakan, serta mari ikuti vaksinasi untuk lebih menjaga kekebalan tubuh dari virus. Dan juga kebersihan dan saya ingin kegiatan kebersihan ini juga dapat dilaksanakan hingga kampung dan kecamatan yang mana dapat memiliki kantor yang bersih dan bersama saling perduli dengan lingkungan,” pungkas Bupati Kutai Barat.

Dan setelah melaksanakan upacara bersama tersebut dilanjutkan dengan mengikuti kegiatan detik-detik proklamasi melalui zoom meeting oleh Presiden RI Joko Widodo. Yang mana telah dilaksanakan di Auditorium Aji Tullur Jejangkat (ATJ). Kemudian pada sore hari dilanjutkan dengan upacara penurunan bendera sang merah putih.

Penulis : Lilis.      Editor : Emanuel

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id