Jemaah Haji Kubar 1443 Hijriyah Disambut Pemda Yang Tergabung Dalam PPIH

Jemaah Haji Kubar 1443 Hijriyah Disambut Pemda Yang Tergabung Dalam PPIH dipelabuhan Melak. Foto : Lilis (Diskominfo).

KOMINFOKUBAR – SENDAWAR. Kedatangan Jemaah Haji Kabupaten Kutai Barat 1443 Hijriyah, disambut oleh Pemerintah Daerah (Pemda) yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Pelabuhan Melak pada pukul 14:30 wita, sabtu (16/08) siang.

Rombongan  menggunakan angkutan Kapal Motor Barokah yang telah disiapkan PPIH. Dan sebanyak 26 dari 41 jemaah Kutai Barat ikut dalam rombongan. Kemudian sisanya telah di jemput oleh keluarganya masing-masing saat tiba di Embarkasi Haji Balikpapan.

Pada penjemputan tersebut Bupati Kutai Barat yang mana diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) H. Ali Sadikin mengatakan bahwa pejemputan ini tidak seperti dilakukan pada tahun sebelumnya, dimana penjemputan jemaah haji Kutai Barat hanya dilakukan di Pelabuhan Melak. Hal ini untuk mengantisipasi timbulnya kerumunan masa yang berakibat masalah kesehatan yang tidak diinginkan bersama.

“Kami bersyukur setelah melalui pemeriksaan kesehatan setibanya di tanah air seluruhnya dinyatakan sehat, sehingga tidak dilakukan karantina mandiri,” bebernya yang mana juga dalam penyambutan tersebut didampingi Kepala Polres Kutai Barat AKBP Heri Rusyaman.

Diuraikannya bahwa pada tahun sebelumnya juga telah melaksanakan penjemputan dan pembubaran rombongan jemaah haji dilakukan di masjid Al Muttaqin Islamic Center Melak. Dan melaksanakan Ceremonial oleh pemerintah daerah yang mana dilakukan sebelum jemaah haji berpisah beserta rombongan yang selama ini bersama-sama saat menjalankan ibadah di Tanah Suci.

Saat Kapal bersandar di Pelabuhan Melak jajaran PPIH segera melakukan tindakan penyambutan serta memberikan kesan dan pesan atas kedatangan jemaah haji Kutai Barat. Bahkan PPIH telah menyiapkan skenario penjemputan dimana jemaah sudah dipastikan ada penjemput oleh pihak keluarga masing-masing. Tindakan ini telah di setujui melalui rapat PPIH dan pihak keamanan siap mem-backup hasil keputusan bersama. Bahkan Polres Kubar telah menyiapkan rekasasa lalu lintas agar arus jalan raya tidak mengalami gangguan saat penjemputan tiba.

“Selamat datang kembali kepada para jemaah haji. Dan atas nama Pemerintah Daerah dan juga Kepala Dinas Lingungan hidup menyatakan rasa terima kasih kepada PPIH yang telah mengawal jemaah haji Kutai Barat hingga kepulangannnya saat ini sehat dan lancar,”tukasnya.

Penulis : Lilis.    Editor : Emanuel

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id