Pelantikan Pengurus PERSANI Cabang Kabupaten Kutai Barat Periode 2022-2025

Penyerahan Bendera Pataka Oleh Ketua  Persani Provinsi  Kaltim kepada Ketua Persani cabang Kutai Barat. Foto : Welin (Diskominfo).

DISKOMINFOKUBAR-SENDAWAR. Pelantikan kepengurusan Persatuan Senam Seluruh Indonesia (PERSANI) Cabang Kabupaten Kutai Barat dengan Ketua terpilih Yonavia resmi dilantik dan dikukuhkan dalam satu wadah keorganisasian kepengurusan PERSANI Kutai Barat periode 2022-2025. Pengurus PERSANI Cabang Kabupaten Kutai Barat ini dilantik langsung oleh Ketua PERSANI Provinsi Kalimantan Timur Mursidi Muslim, dengan dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Barat Ayonius, Ketua KONI Kutai Barat Stepanus, narasumber dalam Coaching Clinic Novi Kartianasari dan Yudi Setiawan selaku Pelatih Senam SKOI Kalimantan Timur, Kepala Sekolah dan Guru Olahraga SD/SMP diwilayah Kutai Barat, serta jajaran Pengurus PERSANI Kutai Barat di Aula pertemuan Hotel Sidodadi Simpang Raya Kabupaten Kutai Barat. Sabtu (15/01/2021).

Bupati Kutai Barat dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten  Kutai Barat Ayonius mengatakan, Atas nama Pemerintah Kabupaten Kutai Barat mengucapkan Selamat atas dilantiknya Kepengurusan Persatuan Senam Seluruh Indonesia Cabang Kabupaten Kutai Barat masa bhakti 2022-2025. “Semoga seluruh jajaran pengurus yang di lantik dapat menjalankan tugas dengan amanah serta penuh tanggung jawab, sehingga kepengurusan ini dapat semakin memajukan olahraga terutama senam agar semakin berkualitas dan mencetak atlet-atlet yang berprestasi serta dapat menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Kutai Barat. Berikutnya, saya mengharapkan melalui pelantikan ini juga diharapkan mampu menjadi semangat baru bagi pengurus dan masyarakat untuk semakin meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan dalam masyarakat.” Ungkapnya

Ayonius juga menyampaikan beberapa hal antara lain adalah para pengurus diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kinerja organisasi mulai dari segi pembinaan, inovasi, pelatihan dan program kerja untuk meningkatkan pelatihan dan pengembangan kemampuan para atlet senam agar dapat berprestasi di berbagai kejuaraan, dan saya harap ini menjadi bagian dari tindaklanjut pelantikan ini.

Lahirkanlah rumusan program kerja yang dapat menjawab tantangan dan permasalahan mengenai bagaimana memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Rumusan program kerja ini juga harus bersinergi dengan KONI serta Pemerintah Daerah untuk dapat mewujudkan peningkatan prestasi di bidang olahraga secara khusus cabor senam. ‘Saya menghimbau kepada para pengurus dapat bergerak mencari bibit-bibit unggul baru yang berkompeten di cabor senam dan melatih juga mematangkan potensi yang telah dimiliki dengan tak lupa untuk tetap meningkatkan semangat para atlet yang sudah ada.” Jelasnya

Terima kasih serta apresiasi tinggi bagi kepengurusan PERSANI pada periode sebelumnya yang telah membawa harum nama Kutai Barat dalam berbagai penyelenggaraan kegiatan dan kompetisi senam baik dalam maupun luar daerah Kutai Barat, yang mana hal ini menjadi bekal awal bagi kepengurusan pada periode 2022-2025 untuk semakin meningkatkan prestasinya. Kiranya dengan kontribusi saudara sekalian sekaligus sebagai bentuk komitmen dan sinergitas memajukan olahraga Kutai Barat yang semakin berkualitas dan berprestasi secara khusus pada cabor senam juga sebagai bentuk dukungan bapak, ibu, saudara dan saudari  sekalian dalam mewujudkan Hari Esok Lebih Baik Dari pada Hari Ini.

Dalam Kesempatannya Ketua PERSANI Provinsi Kalimantan Timur Mursidi Muslim mengatakan, Senam merupakan olahraga tertua dan dalam olimpiade kuno selain Olahraga Atletik Senam sudah dipertandingkan oleh karena itu senam ini oleh Pemerintah Pusat melalui Menpora dijadikan swalah satu Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). “ Senam ini menjadi olahraga unggulan di Indonesia oleh sebab itu pentingnya sinergitas antara Pemerintah Daerah Melalui PERSANI dan KONI Kabupaten Kutai Barat untuk bisa bersinergi membina dan membangun atlit-atlit senam karena dalam DBON kita harus mempunyai atlit unggulan olahraga daerah yang pondasinya adalah atlit-atlit lokal.”  Katanya.

Selaku Ketua PERSANI Kutai Barat Yonavia menuturkan, Dipercaya menjadi Ketua PERSANI Kutai Barat melanjutkan Periode sebelumnya menjadi suatu kebanggaan bagi saya secara pribadi. Oleh karena itu tentu saja kedepannya menjadi sasaran capaian bagi kami Pengurus PERSANI Kutai Barat untuk meningkatkan raihan prestasi dimasa mendatang.

“Sejak kepengurusan saya pada tahun 2017 silam hingga sekarang PERSANI Kutai Barat telah mengikuti beberapa event antaralain Kejurda dan bahkan menjadi Juara Umum 2 di Kejurprov yang lalu yang meraih 8 medali emas, 3 perak dan 4 medali perunggu dari kategori artistik dan ritmik saja. Prestasi yang telah diraih tentunya memotivasi kami untuk lebih bersemangat  berkarya dalam organisasi tersebut.” Ungkapnya.

Yonavia juga menyampaikan harapannya kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Barat dan KONI Kutai Barat, bahwa menjadi kerinduan bagi kami ingin memiliki gedung PERSANI yang dapat mendukung kegiatan baik pembinaan dan pelatihan yang memiliki fasilitas yang memadai. “Karena ketersediaan gedung dan alat-alat senam membutuhkan dana biaya yang tidak sedikit. Oleh sebab itu sekali lagi kami mohon kiranya Pemerintah dan KONI dapat mewujudkannya karena dukungan penuh yang diberikan sangat berarti bagi kami untuk memajukan organisasi ini.” Harapnya.

Kemudian kepada PERSANI Provinsi, kiranya saran dan masukkan dalam pembinaan kami sangat kami harapkan kedepannya, agar Cabang PERSANI di Kutai Barat dapat meningkatkan prestasi-prestasi dari tahun sebelumnya. Dan kepada Jajarannya Pengurus yang dilantik hari ini, saya tidak dapat bekerja sendiri tanpa bantuan dan kerjasama kita sekalian. Oleh sebab itu besar harapan saya kepada seluruh nama-nama yang tertera dalam SK untuk lebih giat dan proaktif mensukseskan program kerja PERSANI kedepannya, penjaringan anak-anak yang dapat dipilih untuk dibina menjadi Atlet Berprestasi. Pungkasnya.

 

Penulis : Welin. Editor : Emanuel