198 Orang Petugas Sensus Penduduk 2020 Ikuti Rapid Test.

Petugas Diskes, Saat lakukan rapid test bagi para petugas sensus penduduk BPS Kutai Barat. Welin (Diskominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR , Saat ini dunia masih dihadapkan dengan permasalahan pandemi virus Covid-19, tak luput dengan Indonesia dan bahkan Kabupaten Kutai Barat. Sehingga perlu tindak lanjut yang tanggap dan responsif untuk mengambil langkah penanggulangan bahaya penyebaran virus Covid-19. Salah satunya adalah melaksanakan kegiatan rapid test sebagai upaya untuk mendeteksi secara dini kondisi kesehatan dari Covid-19. Kegiatan ini tentu bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam optimalisasi pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dilingkungan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kutai Barat. Rabu 26 Agustus 2020

BPS merupakan salah satu instansi vertical yang ada di daerah, dimana dalam undang-undang nomor 16 tahu 1997 diberikan amanah untuk menjadi penyedia statistik dasar yang berkualitas. Keberadaan didaerah yang bersinergi dengan organisasi perangkat daerah sebagai penyelengara statistik sektoral, bersama-sama menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertangungjawabkan untuk perencanaan dan evaluasi pembangunan dan tata kelola data sesuai dengan peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019.

Bupati Kutai Barat melalui Kepala Dinas Kesehatan Ritawati Sinaga mengatakan, kegiatan rapid test ini merupakan kegiatan yang sangat penting dalam tahapan pra lapangan bagi petugas Sensus Penduduk pada bulan September mendatang. Hal ini guna memastikan seluruh petugas Sensus Penduduk yang akan turun ke lapangan bebas dari covid 19, dan sebagai salah satu dukungan untuk mendukung pencegahan dan penyebarluasan covid 19 di Kabupaten Kutai Barat.

Ritawati Sinaga juga menghimbau kepada petugas lapangan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan. Petugas Sensus yang berjumlah total 198 orang yang tersebar diseluruh kecamatan di wilayah Kutai Barat, wajib untuk menggunakan masker, sarung tangan, handsanitizer, dan APD lain selama tugasnya serta tetap mematuhi protokol covid-19 saat melakukan kontak fisik.

“Terkait dengan kegiatan ini diharapkan seluruh elemen dapat bersinergi dan mendukung kegiatan Sensus Penduduk tahun 2020. Hal ini sangat penting agar tersedia data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju Satu Data Kependudukan Indonesia dan menjadi parameter demografi dan proyeksi penduduk (fertilitas, mortalitas, dan migrasi) serta karakteritstik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk dan indikator SDGs,” harapnya.

Sementara menurut Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Kutai Barat Widiyantono menagatakan, ditahun 2020 ini ada agenda besar Nasional yaitu pilkada serentak dan sensus penduduk tahun 2020. Terkait pelaksanaan rapid test bagi petugas sensus  penduduk hari ini merupakan salah satu syarat wajib seseorang dapat direkrut sebagai petugas sensus.

Pada hari ini diadakan rapid test kepada seluruh koordinator sensus Kecamatan, yang sebagian besar adalah pegawai organic BPS, kemudian setelah pelaksanaan rapid test sesi pertama selesai, akan dilanjutkan kembali pada  sesi yang  kedua dihari yang sama kepada petugas sensus yang berasal dari Kecamatan Barong Tongkok.

“Nanti akan dilaksanakan rapid test bagi para petugas dilapangan secara bertahap, untuk menjaga terjadinya penumpukan orang dalam jumlah besar,” ungkapnya.

Penulis: Welin, Editor: HErmanto Y.