175 Masyarakat Mengikuti Operasi Katarak Masal Gratis. Jum’at (28/06/2019)

175 Masyarakat Mengikuti Operasi Katarak Masal Gratis. Jum’at (28/06/2019)

Simbolis Sekretaris Daerah, membuka perban penutup mata pasien Operasi Katarak.Kominfo Lsr.kutaibaratkab.go.id

KOMINFOKUBAR - SENDAWAR - Ratusan masyarakat Kutai Barat mengikuti Bakti Sosial (Baksos) Operasi Katarak Massal yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Kutai Barat sedikitnya 150 orang Pasien Katarak dan 25 orang pasien pterygium di Aula RS. Umum Harapan Insan Sendawar (HIS) Kutai Barat yang berlangsung selama 4 hari sejak rabu, (26-29 Juni 2019).

Bupati Kutai Barat Kutai Barat, dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah Yacob Tullur mengharapkan, dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan derajat kesehatan bagi seluruh masyarakat yang tidak mampu, dan jaringan sinergritas agar terus ditingkatkan, tetap memampukan diri lebih proaktif dan inovatif dalam melayani masyarakat dengan tulus dan iklas, demi kesehatan orang banyak khususnya masyarakat di Kutai Barat. "Hal ini sangat penting, agar masyarakat dapat mengimplementasikan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” Terangnya

“Dengan mengikuti kegiatan ini merasa ada perubahan dan merasa lebih baik, kedepan ingin mengikuti kegiatan operasi seperti ini lagi, agar mata dapat melihat jelas," harap salah satu pasien dari Penyingahan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan, Dr. Ritawati Sinaga menjelaskan, gangguan Katarak di Indonesia diperkirakan sekitar 210.000 penderita baru setiap tahunnya yakni lebih dari 50 persen kebutaan yang disebabkan oleh katarak, sementara Kutai Barat diperkirakan jumlah pasien katarak mencapai lebih dari 2.500 orang.

Sejak tahun 2011 Pemerintah Kabupaten Kutai Barat telah menyelenggarakan Operasi Katarak Gratis untuk masyarakat selama 7 kali dengan total jumlah pasien Katarak dan Pterygium yang di operasi berjumlah 1.505 pasien. "Jika kuota pada tahun ini hanya 150 Pasien Katarak dan 25 Pterygium, kedepan akan melebihi angka tersebut dapat dilayani, kemudian kepada masyarakat Jaga baik-baik mata dan rawatlah agar tidak terinfeksi," Kadis Kesehatan menghimbau. Kominfo Lsr.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kubar

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id