116 Ekor Sapi, Hasil  Penggemukan Siap Panen

(Tiga dari Kiri) Wakil Bupati Kutai Barat, Saat menyaksikan proses penimbangan Sapi. Foto: Remon (Dinkominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Panen perdana penggemukan Sapi Mitra Kelompok Ternak Maju Jaya bersama Kecamatan Barong Tongkok Kutai Barat, kolaborasi antara PT.Pertamina & PT. Berkah. Salama Jaya bersama koperasi produsen ternak Berkah Salama Jaya Kalimantan Timur dengan target 3 bulan panen. Di kandang penggemukan Sapi Kelompok Tani Sapi BSJ, bertempat di dusun Meriti Barong Tongkok Kutai Barat. Kamis, (06/5).

Peresmian panen perdana ditandai dengan penimbangan Berat Sapi ternak selama 3 bulan, pemerintah sangat mendukung dan memberikan apresiasi dalam membangun sektor peternakan yang merupakan peluang usaha, yang memiliki prospek untuk terus dibudidayakan oleh warga masyrakat mitra kelompok Tani. “Pemerintah terus mendorong peningkatan kesejahteraan warga diantaranya sektor peternakan” ungkap Wakil Bupati Edyanto Arkan pada acara panen perdana penggemukan sapi Mitra Kelompok Ternak Maju Jaya.

Oleh karena itu bagi mitra kelompok ternak di Kutai Barat yang sudah memiliki peternakan seperti; Sapi, hendaknya terus dikembangkan agar populasinya terus bertambah dan teruntuk warga diharapkan dapat menjadi contoh dalam usaha sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan. “Kegiatan panen perdana hari ini, akan menjadi centra penghasil sapi berskala besar dengan kualitas terbaik untuk memenuhi tingginya tingkat kebutuhan daging sapi di Kutai Barat dan Kalimantan Timur umumnya,” pesan Wabup Kutai Barat.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Petrus mengatakan, sangat mendukung upaya mitra kelompok ternak Sapi dengan menyediakan tenaga untuk mengecek kesehatan ternak. “Peternak sapi harus lebih sigap bekerja keras dan mandiri kembangkan fasilitas ternak yang ada.  Kedepan akan menjadi daerah penyuplai daging sapi berskala besar tidak hanya memenuhi kebutuhan masyrakat di wilayah Kalimantan Timur saja tetapi juga di seluruh tanah air,” harap Petrus.

Pola penggemukan sapi, bisa menjadi pekerjaan utama yang sangat menjanjikan, menurut Kelompok Ternak Berkah Salama Jaya Kaltim Suparlan. Melalui program kegiatan budidaya sapi ini masyarakat, terutama kaum muda dapat terinspirasi melakukan hal yang sama. Seperti; pola penggemukan sapi yang dikerjakan ini.  “Perlu diketahui saat ini terdapat 116 ekor sapi bali  yang sudah layak timbang dan siap dipanen, di kandang yang terletak di dusun Mariti Kecamatan Barong Tongkok,” jelasnya.

Target standar timbangan 0,9 kg per ekor, kemudian dalam satu bulan target berat 25 kg per ekor. sehingga dalam waktu 3 bulan menjadi 75 kg per ekor. “Hal ini bisa tercapai  harus konsisten, mulai dari bagaimana proses penggemukan, dengan managemen pemberian pakan sapi; tidak hanya memberikan rumput saja tetapi adanya konsentrat molases berupa campuran dari beberapa bahan pakan,” pungkasnya.

Untuk diketahui Kebupaten Kutai Barat secara keseluruhan ada 17 kelompok ternak Sapi, 5 mitra kelompok yang sudah resmi bergabung dan 12 kelompok yang masih berproses resmi.

 

Penulis: Dhea, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id