Kabupaten Kutai Barat

UPT TBS Adakan Pentas Seni

SENDAWAR-  Dalam rangka mendukung dan mensukseskan program Pemerintah Kabupaten Kutai Barat  Hari Esok Lebih Baik  melalui UPT Taman Budaya Sentawar (TBS) akan dilaksanakan Pentas Seni dan Budaya bagi enam etnis.

PelaksaKB-30- Pentas Seninaan yang bertempat di UPT-TBS tersebut mulai dilaksanakan pada 29 April 2017 hingga 15 Juli 2017. Dengan tema Cinta dan Lestarikan Kebudayaan Daerah Kita yang berkarakter menuju terwujudnya Taman Budaya Sentawar sebagai Destinasi wisata unggulan Kubar.

Hal ini diungkapkan Kepala UPT-TBS, Dra Melitina M Pd saat ditemui baru-baru ini.

Melitina mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya pelestarian, pengembangan dan promosi kesenian daerah Kabupaten Kubar sebagai obyek wisata budaya yang dapat memperkokoh jati diri bangsa dan membentuk karakter masyarakat Kubar yang santun, tertib, inovatif, dinamis dan kreatif.

Lebih lanjut ia katakan, dimana dalam membina, melestarikan dan mengembangkan serta melakukan pendokumentasian inventarisasi seni budaya daerah merupakan tugas pokok UPT-TBS dalam melaksanakan sebagian tugas teknis operasional dan penunjang Dinas Pariwisata Kab Kubar.

“ Kekayaan seni budaya daerah yang beraneka ragam akan menjadikan destinasi wisata budaya yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kab Kubar. Tidak hanya menikmati keindahan tarian dan lagu daerah, seni budaya seperti, seni sulam tumpar, seni anyaman, pahat, kuliner, kriya. Tidak hanya itu, serta daya tarik anggrek hitamnya diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik mancanegara, nusantara serta lokal, “ tuturnya.

Untuk itu dalam pementasan seni dan budaya bagi enam etnis, salah satu tujuannya selain promosi seni budaya juga menarik wisatawan sebagai destinasi unggulan di Kaltim. Dan juga  menjadikan TBS sebagai lembaga yang handal dalam membina, melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya daerah, tuturnya lagi.

Melitina berharap dengan kegiatan pentas seni dan budaya pelestarian dan pengembangan seni budaya daerah semakin meningkat dikalangan masyarakat.

Adapun yang akan memeriahkan Sanggar-sanggar seni dari enam etnis, yakni Benuaq, Tunjung, Bahau, Aoheng, Kutai dan Kenyah.  (hms 19)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>