Kabupaten Kutai Barat

TP-PKK Kubar Gelar Pelayanan dan Pengobatan Gratis di SLB

2017.2905.SOSIAL

SENDAWAR – Tim Penggerak PKK Kutai Barat (Kubar) kembali menggelar pelayanan dan pengobatan gratis untuk masyarakat. Namun kali ini, pelayanan dan pengobatan tersebut dilakukan dengan mendatangi  langsung Sekolah Luar Biasa (SLB) Kubar, di kampung Mencimai atau kawasan jalan trans Provinsi.

Dalam kesempatan itu puluhan penyandang disabilitas yang menuntut ilmu di sekolah tersebut baik ditingkat TK, SD, SMP, hingga SMA mendapatkan pelayanan dan pengobatan  berupa pemeriksaan gigi, mulut dan kesehatan umum secara  gratis oleh tim medis TP – PKK Kubar yang berasal dari puskesmas Barong Tongkok.

Seperti yang diketahui saat ini sebanyak 92 orang anak penyandang disabilitas menuntut ilmu di SLB Kubar. Bahkan beberapa diantaranya telah memiliki keahlian dan siap untuk ikut praktek di salon dan teknik mesin atau bengkel.

Ketua TP PKK Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan, mengatakan kegiatan pelayanan dan pengobatan sengaja dilakukan dengan mendatangi  SLB ini, sebab SLB ini setara dengan masyarakat lainnya dan berhak mendapatkan pelayan publik yang sama seperti pendidikan, kesehatan, lapangan pekerjaan mereka sama memiliki hak yang sama atas  penyelenggaraan hidup ini dan kita tidak boleh mendiskiriminasi.

“Oleh karena itu kami meningkatkan akses bagi para penyandang disabilitas untuk mendapatkan pelayanan dan pengobatan yang bermutu dan pelayanan publik lainnya,” ujarnya.

Yayuk menjelaskan TP PKK sebagai pemberdayaan wajib menjangkau semua aspek yang dibutuhkan masyakarat termasuk SLB ini yang kurang dikenal. Oleh sebab itu TP –PKK yang membantu dan mendukung SLB ini.

“Saya berharap kepada masyarakat di kubar yang memiliki anak berkebutuhan khusus jangan malu untuk membawanya ke sekolah untuk dilatih dan dididik secara khusus karena anak-anak seperti ini memiliki bakat yang harus dikembangkan,’ ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat Kubar untuk mensupport penyandang disabilitas, masyarakat harus memberikan lingkungan ini kondusif untuk pengembangan psikologis mereka, imbuhnya.

Menurutnya orang yang membutuhkan penanganan khusus harus diberikan perhatian lebih dari keluarga, karena mereka tidak berdaya. “Kami dari TP- PKK juga akan melakukan pembinaan kepada keluarga yang orang tua yang memiliki anak yang menderita disabilitas, melalui edukasi dan peningkatan pemahaman perlunya pendidikan bagi keluarga kita yang berkebutuhan khusus ini,” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh, Koordinator Pokja IV TP PKK Kubar, Sumiati. Di mana program, pelayanan dan pengobatan secara gratis ini merupakan agenda rutin yang setiap tahunnya di lakukan oleh TP – PKK Kubar sebagai bentuk kepedulian sesama masyarakat.

“Program ini tindak lanjut dari tahun lalu yang telah dilakukan, di mana para siswa/I SLB mendapat pemeriksaan gigi dan mulut serta kesehatan secara umum. Kami juga merasa bangga karena bisa melihat anak – anak di sekolah ini tersenyum,”tegasnya.

Sementara itu, Kepala sekolah SLB Kubar Paina Mardiyanti  mengucapkan ribuan terimakasih atas aksi sosial yang telah dilakukan oleh TP-PKK Kubar,  karena telah melakukan pelayanan dan pengobatan gratis di SLB ini. “Perhatian seperti ini lah yang sangat diharapkan di SLB ini,”ujarnya.

Dia menuturkan di SLB tersebut memiliki 92 orang murid dan 26 tenaga pengajar yang melayani dengan tulus mengajarkan anak- anak berkebutuhan khusus agar bisa memanagement diri sendiri.

“Kunjungan ini bukan pertama kalinya di lakukan oleh PKK Kubar namun sudah kali ke dua sejak tahun lalu, kami sangat senang atas perhatian yang telah diberikan TP PKK dan Pemerintah,” jelasnya.

Bantuan dan dukungan seluruh pihak sangat diperlukan mengingat SLB ini masih membutuhkan peningkatan sarana prasarana untuk mendukung kegiatan belajar seperti alat – alat dan bahan belajar. “Agar mereka tertarik mengikuti pelajaran, lapangan olahraga dan lain – lain,”tandasnya. (ADV/hms11/NAW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Banner

Tweets