Kabupaten Kutai Barat

Tiga Kampung Ikuti Lomba Penilaian Kampung Tingkat Kabupaten

KB-14- Foto Bersama

SENDAWAR- Tiga Kampung dalam wilayah Kabupaten Kutai Barat ikuti Lomba Penilaian Kampung Tingkat Kabupaten Kutai Barat. Lomba tersebut dilaksanakan di Aula Balai Pengobatan Santa Familia baru-baru ini. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DMPK) Kabupaten Kutai Barat, Faustinus Syaidirahman melalui Kepala Bidang Pemerintahan Kampung dan Kelurahan, FX Sumardi ditemui disela-sela kegiatan tersebut.

FX Sumardi menjelaskan adapun finalis ketiga kampung tersebut diantaranya, Kampung Sumber Sari ( Barong Tongkok), Kampung Keay (Damai), Sekolaq Joleq (Sekolaq Darat).  Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya ini, merupakan amanat PERMENDAGRI No 81 Tahun 2015, tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, dimana untuk mendorong semangat kompetisi antar kampung sehingga semakin maju dan mandiri. Dimana para masing-masing finalis mempresentasikan yang berkaitan dengan kampung tersebut, presentasi dilakukan oleh Petinggi kampungnya, ujarnya.

Adapun indikator penilaian lomba kampung diantaranya pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, kelembagaan kemasyarakatan serta Pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.   Lebih lanjut ia katakan, Juri-juri Lomba penilaian kampung ini dari Bidang Pemerintahan Kampung, Bidang Pembangunan Kampung, Bidang Kemasyarakatan Kampung dan Sekretariat pada DPMK.

“ Tentunya memberikan apresiasi kepada ketiga finalis yang ikut lomba kampung, bagi kampung-kampung lainnya yang belum masuk menjadi finalis, dapat menjadikan motivasi dan memacu agar kampung tersebut kedepannya lebih baik lagi untuk berinovasi dan berkarya. Jika terpilih di tingkat Kabupaten akan mengikuti ketingkat Propinsi,” imbaunya.

Diketahui, skor penilaian pada presentasi lomba kampung dinilai dari, penguasaan materi presentasi, penyajian materi presentasi, kelengkapan data presentasi dan juga penguasaan ketepatan menjawab pertanyaan. (hms 19)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>