Kabupaten Kutai Barat

Terpantau Di Enam Arena Peserta MTQ Ke-XII Kubar Ikuti Lomba

KB-14- Lomba Makalah

SENDAWAR- Sebanyak enam arena disibukkan oleh masing-masing peserta MTQ Ke XII Tingkat Kabupaten, terpantau pada Kamis (12/10). Hal ini diungkapkan Ketua LPTQ Kubar, H Edyanto Arkan melalui Sekretaris LPTQ H.Ardiansyah, S.Ag.

Dijelaskannya, Arena utama MTQ di halaman masjid Al Muttaqin Islamic center dipergunakan untuk cabang lomba Tilawah dewasa, Qira’at Mujawawad Qita’at Murratal dan tahfidz 5 & 6 juz. Sedangkan  dua arena lain di lokasi yang sama di gunakan untuk cabang lomba Syarhil dan Fahmil Qur’an.

Terpisah, lanjutnya dari  lokasi Islamic center, aula MTsN Kubar di pergunakan untuk cabang lomba tartil tilawah anak-anak, tahfidz 1 juz dan tilawah. Sementara MAN Kubar terdapat dua arena masing-masing Khott dan  makalah Qur’an.

“Ditempat lainnya,peserta MTQ dengan teliti membacakan ayat suci Al Qur’an dari juz yang ditetapkan dewan hakim. Terlihat kasubbag TU H.Ikran, S.Ag ikut memantau di ruangan ini sedang menjalankan tugas selaku tim pengawas dewan hakim,”jelasnya.

Sementara di arena  Syarhil Qur’an selaku  dewan hakim diantaranya,  H. Zulkifli, S.Ag (PHU Kemenag), Dra.Hj. Fitriana, M.Pd (Kepala MAN Kubar) serta rekan lainnya. Riuh lantang dari tiga peserta dalam satu group menggelegar di gedung ini saat mereka melontarkan ayat suci Al Qur’an disertai penjelasannya, tutur Ardiansyah.

Dari pantauan media ini tampak di arena Fahmil Qur’an riuh penoton saling mendukung tiga group peserta yang berebut nilai dari pertanyaan yang dilontarkan dewan hakim. Duduk pada meja dewan hakim  terhormat Kasi Pendis H.Akhmad Syofian,S.Ag, serta beberapa rekan lain pada tugas yang sama.

Dan juga Hj. Rokhatin, S.Pd, M.Pd (BKMT) dan sekretaris panitia MTQ Jamidi, S.HI terlihat sibuk  menguji peserta pada cabang  makalah Qur’an. Bersebelahan ruang di MAN Kubar Muhammad Rapik, S.Ag (PHU) dan H. Agus Pranoto, S.Ag (kepala KUA Linggang Bigung) dengan cermat ikut menyeleksi peserta  khott Qur’an.

Diketahui pelaksanaan MTQ Ke-XII Tingkat Kabupaten Kubar berlangsung mulai 10-14 Oktober 2017.  (hms 19)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Banner

Tweets