Kabupaten Kutai Barat

Tahun Depan Melalan Buka Penerbangan Malam

2017.PENERBANGAN

SENDAWAR  –  Kepala Bandara Melalan Sendawar, Kutai Barat (Kubar), Sumariyanto menegaskan, perpanjangan runway atau landasan pacu bandara melalan dari 1.050 M menjadi 1.350 M. telah memasuki tahap finising.

Dalam arti di tahun depan juga pusat transportasi udara di ‘Tanna Purai Ngeriman’ ini dapat disinggahi pesawat dengan tipe ATR 72.

“Kelebihan lainnya, Bandara Melalan Sendawar kini telah memiliki fasilitas terminal baru, yang mampu menampung sedikitnya 100 penumpang. Kemudian dipastikan setelah mendapat izin resmi kelaikan dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Bandara di Jakarta,” tegasnya.

Untuk itu Sumariyanto menegaskan pada 2018 mendatang selain penerbangan siang, akan ada penerbangan malam hari, layaknya bandara lainnya di Indonesia. “Pembangunan itu merupakan alokasi APBN untuk perpanjangan runway dan seluruh fasilitas baru di Bandara Melalan Sendawar, termasuk biaya rutin (gaji pegawai) tahun 2017,”jelasnya.

Ia merincikan, dengan menelan biaya dengan total anggaran sebesar Rp 60 miliar. Saat ini seluruh  pengerjaan proyek termasuk perpanjangan runway sudah mencapai 95 persen. Hanya saja menunggu penyelesaian finishing. “Tapi kami pastikan penghujung Desember 2017 ini selesai,” tegasnya..

Sumariyanto menuturkan, selama ini di bandara Melalan hanya dapat disingahi oleh pesawat berbadan kecil jenis ATR 42. Namun setelah mendapat izin atau verifikasi khusus ATR 72 dari Dirjen Bandara Indonesia, maka diyakini pertengahan 2018 mendatang, pesawat ATR 72 berbadan besar akan melayani penerbangan dari dan ke Kubar.

“Setelah 100 persen proyek runway dan fasilitas penunjang bandara selesai, segera diajukan verifikasi ke dirjen. Desember ini semua pengerjaan failitas selesai,”jelasnya.

Setelah itu nantinya akan bisa mendarat pesawat berbadan lebar ATR 72 (Boeing dan sejenisnya) akan melayani penerbangan di Bandara Melalan. “Untuk penerbangan malam hari, saat ini sedang dibangun Runway Light (Lampu Landasan Pacu),” tuturnya.

Sumariyanto juga menyebut, otoritas Bandara Melalan Sendawar akan memaksimalkan pelayanan di bandara itu pada 2018 mendatang. Termasuk membenahi manajemen, hingga kelaikan armada. Menurutnya, Bandara Melalan Sendawar, merupakan salah satu bandara terpenting dikawasan perbatasan Indonesia.

“Setelah semua selesai, kita benahi manajemen pelayanan. Termasuk armada udara yang beroperasi. Begitu pula dengan taksi darat di bandara, segera dibenahi agar memiliki rute tetap,” ungkapnya. (ADV/hms36/NAW).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>