Kabupaten Kutai Barat

Sukseskan Program BKKBN, Pemerintah Tingkatkan Tugas, Fungsinya dengan Aktif Berkoordinasi Ke Provinsi Hingga Kampung (14/03/2019)

Orientasi KKBPK

Asisten II Setdakab. Kutai Barat Ayonius, membuka Orientasi Pencatatan dan pelaporan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) bagi pengelola OPD KB dan PKB/PLKB Kabupaten Kutai Barat dan Mahakam Ulu. Kamis, (14/03/2019). Kominfo Fds .diskominfo.kutaibaratkab.go.id.

KOMINFOKUBAR, SENDAWAR – Orientasi Pencatatan dan pelaporan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) bagi pengelola KB dan PKB/PLKB Organisasi Perangkat Daerah Se-Kabupaten Kutai Barat dan Mahakam Ulu. Kegiatan yang digagas oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) ini, berlangsung di ruang rapat lantai II Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Kabupaten Kutai Barat, berlangsung selama dua hari (14-15 maret 2019, dan diikuti peserta berjumlah 69 orang yang berasal dari Kutai Barat dan Mahakam Ulu.

Kegiatan Orientasi Pencatatan dan pelaporan program KKBPK, pemutahiran baisi data keluarga Indonesia (PBDKI) tahun 2019, bimbingan teknis penyuluh KB dan pelatihan fungsional pegawai di 2 Kabupaten, mendukung pengembangan pengelolaan data rutin pendataan keluarga dan pemutahiran dan pelayanan KB  serta pengendalian lapangan melalui sistem informasi keluarga berbasis web atau online agar memperoleh data yang berkualitas dan tepat waktu untuk suksesnya implementasi Undang-undang nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan penduduk dan pembangunan keluarga dan peraturan pemerintah nomor 87 tahun 2014 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga.

Bupati Kutai Barat FX. Yapan dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Setdakab. Kutai Barat, Ayonius berpesan kepada Dinas terkait Kabupaten Kutai Barat dan Mahakam Ulu agar terus meningkatkan tugas dan fungsinya dengan aktif, berkoordinasi dengan pihak BKKBN Provinsi Kaltim dan Dinas Kesehatan hingga ke-Kecamatan dan Kampung. “Sinergitas yang terjalin dengan baik, dapat menunjang langkah gerak program ini dapat segera terealisasi dengan baik, sebab jika komunikasi dan koordinasi berlangsung dengan baik kepada seluruh pihak maka kita dapat mensukseskan program ini,” tegasnya

Bagi penyuluh KB setelah mendapatkan bimbingan teknis dan pelatihan fungsional pegawai dapat melaksanakan tugas dan fungsi sebagai petugas penyuluh KB dan penggerak program KKBPK di 194 Kampung dan kelurahan dan 38 kampung KB binaan yang tersebar di 16 Kecamatan dan Kabupaten Mahakam Ulu, mari manfaatkan forum ini secara optimal sehingga dapat menerapkan ilmu  dan informasi untuk menunjang kerjanya.

Sementara Ketua panitia Rusdani menyampaikan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini, dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kompetensi PKB/PLKB pencatatan dan pelaporan dan pemutahiran data KB serta peningkatan pengelolaan system informasi basis data. Kominfo Fds.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>