Kabupaten Kutai Barat

Sosialisasi Forum GERMAS

KB-4-Sosialisasi Forum GERMAS (1)

SENDAWAR– Bupati Kutai Barat FX.Yapan membuka Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), bertempat di Kantor Badan Perencanaan, Penelitian, dan pengembangan Daerah (BP3D) lantai 2, Rabu (3/5) pagi. Acara dihadiri oleh unsur SKPD dan tokoh masyarakat.

Bupati dalam arahannya menjelaskan “sosialisasi ini merupakan program nasional yang pada tujuan akhirnya adalah perwujudan kesejahteraan masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat pra sejahtera pada khususnya, GERMAS ini merupakan upaya percepatan dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat guna meningkatkan produktifitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit”.

Lanjut Yapan “dalam intruksi ini presiden mengamKB-4-Sosialisasi Forum GERMAS (2)anahkan para menteri, kepala lembaga pemerintah non kementerian , Dirut Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan serta para Gubernur dan Bupati/Walikota wajib menetapkan kebijakan dan mengambil langkah-langkah sesuai dengan tugas dan kewenangan masing-masing untuk mewujudkan GERMAS melalui peningkatan fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan dan peningkatan edukasi hidup sehat”.

Terkait dengan GERMAS, pertama Saya  minta  kepada  jajaran Dinas  Pemuda  dan  Olahraga,  KONI,  seluruh  pengurus  cabang olahraga, bahkan KNPI, Komunitas kaum muda, Para Camat, Kepala Kampung bahkan tingkat Kelurahan, RT dan RW untuk turut serta mengembangkan kegiatan olahraga disetiap lini. Kegiatan ini harus dilakukan secara rutin, berkelanjutan dan komunal. Disetiap RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan harus memiliki ruang hijau terbuka yang diperuntukkan untuk melaksanakan aktifitas olahraga dan kesehatan,

Kedua Melalui Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan Para Penyuluh Pertanian, Lembaga Kemasyarakatan seperti Tim Penggerak PKK memprogramkan dan menggiatkan ragam padat karya yang mengarah pada  kesadaran masyarakat untuk memanfatkan pekarangan dan menanam sayur serta buah-buahan,

Ketiga kepada seluruh jajaran kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, seluruh tempat fasilitas publik agar mengalokasikan seluruh tempat kerja, tempat pelayanan umum menjadi Kawasan Tanpa Rokok atau Bebas Asap Rokok. Selanjutnya kepada para perokok hendaknya dialokasikan tempat khusus yang tidak mengganggu dan merugikan kesehatan orang lain.

Senada dengan Bupati Kubar, Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Kaltim dr. Hj. Rini Retno Sukesih, M.Kes menyambut baik terlaksananya acara ini, gerakan ini didasari oleh banyaknya penyakit yang diakibatkan bukan karena virus atau bakteri tetapi oleh pola dan gaya hidup tidak sehat, karenanya kita diharapkan pertama untuk mengatur hidup ini dengan sebaiknya dengan olahraga atau aktifitas fisik minimal 30 menit dalam sehari, kedua mengkonsumsi buah dan sayuran, ketiga perlunya kontrol kesehatan secara berkala terutama terbanyak penyakit  hipertensi dan diabetes melitus.

Lanjutnya “GERMAS ini bukan aktifis Kesehatan aja yang terlibat tetapi semua SKPD dan masyarakat umum, yang pada akhirnya saya berharap dengan di gerakannya program ini angka kesakitan dan kematian bisa di tekan akibat pola hidup yang kurang baik.(hms36)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>