Kabupaten Kutai Barat

Sosialisasi Desa Online

KB-6-Desa Online (3)

SENDAWAR – Sebagai langkah menambah pengetahuan dan wawasan perangkat kampung/desa tentang cara pengimputan data, mempermudah penyebaran informasi kampung, serta mempromosikan produk unggulan yang ada di Kampung. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kubar melaksanakan sosialisasi Portal Desa Online selama dua hari yang diikuti 32 peserta dari 16 Kecamatan se Kubar, yang dipusatkan di ruang diklat lantai III kantor Bupati dan dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Kubar H Edyanto Arkan SE, Rabu (5/4).

Adapun narasumber langsung dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik Indonesia Septina Nurhayati Kasubid Pengembangan Pusat Data dan Informasi, Balai Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI. Sedangkan untuk pembiayaan kegiatan berasal dari DIPAKB-6-Desa Online (2) Balai Latihan Masyarakat Banjarmasin Tahun anggaran 2017. Turut hadir Asisten II dan kepala DPMK.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati H Edyanto Arkan SE menuturkan tujuan sosialisasi portal desa online adalah menyediakan informasi yang mendukung terwujudnya optimalisasi pembangunan desa, termasuk profil desa, sejarah singkat desa, asal usul nama desa, ciri unik dan karateristik desa, serta batas wilayah. Kegiatan desa berupa musyawarah warga, gotong royong, perangkat desa, upacara adat/nasional, pembangunan desa, peningkatan SDM desa, pemanfaatan dana desa/pembangunan fisik. Potensi produk unggulan seperti pariwisata, wahana hiburan rakyat, produk kerajinan warga desa, produk olahan makanan, produk pertanian dan pot
ensi SDA.

Wabup juga menambahkan, melalui aplikasi portal desa merupakan sarana untuk berkomunikasi dan membuka cakrawala terhadap ilmu pengetahuan. “Pada hari ini kita diberikan perkenalan sebagaimana teknologi yang sudah berkembang, membuat satu wilayah dengan satu wilayah lain tidak ada batasnya, yang selama ini kita gunakan batas administrasi, tetapi pada teknologi tidak dibatasi oleh adminstratif dan waktu, saat itu informasi yang ada di Pusat saat itu juga kita didaerah mendapatkan informasi tersebut,” kata Wabup.

Desa Online

Sosialisasi Aplikasi Desa Online Tahun 2017

Oleh sebab itu kita patut bersyukur dan berterima kasih melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik Indonesia telah memberikan perhatian kepada kita, sehingga aparatur di kampung lebih melek teknologi, sehingga melalui teknologi masyarakat kampung ikut mengetahui perkembangan teknologi, dimana tek
nologi selain sebagai penyebaran informasi dari pusat kepada daerah dan sebaliknya penyampaian laporan dari desa ke pusat melalui Kabupaten dan Provinsi.

Wabup juga mencontohkan kedepan kampung yang ada di Bongan dengan kampung yang ada di Long Iram tidak perlu bertemu secara langsung tetapi melalui teknologi ini kita bisa langsung berkomunikasi di portal desa yang ada, hal tersebut tentu sangat memudahkan kita.

Selanjutnya  Wabup meminta para peserta yang mengikuti sosialisasi betul-betul memahami sistem kerja, dan apabila tidak jelas bisa ditanyakan kepada narasumber sehingga peserta betul-betul mengerti dan memahami program tersebut. Kedepan kita juga berharap program kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi RI bisa diperluas jaringannya karena di Kubar ada 190 Kampung dan 4 Kelurahan yang tersebar di 16 Kecamatan.

Melalui kementerian juga diharapkan dapat mendukung perkembangan teknologi secara luas, begitu juga Diskominfo diharapkan bisa mendorong kerjasama dengan seluruh celular agar membangun BTS sehingga bisa tersebar di 16 Kecamatan. Karena dengan keterbatasan BTS merupakan hambatan bagi suatu daerah untuk melaksanakan suatu sistem yang mudah tetapi dibatasi oleh penunjang, walaupun dengan keterbatasan BTS kita berupa memaksimalkan teknologi yang ada dalam keterbatasan.

Saya harapkan dengan teknologi yang ada, walaupun kita di kampung tetapi tidak kampungan karena teknologi sama dengan di kota, sehingga teknologi yang ada bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya, sekaligus peserta  betul-betul memahami teknologi yang ada dengan baik, karena perwakilan yang mengikuti pelatihan ini bisa memberikan informasi kepada kampung-kampung yang lainnya.(hms10)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>