Kabupaten Kutai Barat

SNS Ujung Tombak Berantas Narkotika di Lingkungan Sekolah

2017.SATGAS

SENDAWAR –  Sebanyak 110 anggota Satgas Narkoba Sekolah (SNS) diberi pembekalan khusus oleh Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kutai Barat (Kubar), yang  bekerjasama dengan Satreskoba Polres Kubar.

Satgas khusus ini bertugas membantu memutuskan mata rantai penyalahgunaan narkoba yang semakin meningkat, dan terus ancaman generasi penerus bangsa. Di mana sebelumnya Satgas khusus ini, telah di lantik pada pertengahan Agustus lalu. Semua anggota SNS terdiri dari para siswa SMAN 1/SMKN 1, dan SMK Sinar Abadi Melak.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelantikan anggota SNS di Agustus lalu,” ungkap  Sekretaris BNK Kubar Jamidi, ditemui disela – sela kegiatan tersebut yang berlangsung di di SMAN 1 Melak belum lama ini.

Jamidi menjelaskan materi pembekalan bagi seluruh pelajar yang menjadi anggota Satgas ini mengenai berbagai hal menyangkut narkoba. Pembekalan tersebut meliputi informasi tentang jenis narkoba, akibat yang ditimbulkan hingga cara berkomunikasi dengan teman sebayanya, 0
untuk menyampaikan informasi mengenai narkoba.

 “Di tahun 2017 ini BNK fokus memberi materi pembekalan satgas khusus di tiga sekolah di Kecamatan Melak,”jelasnya.

Kegiatan ini bertemakan ‘Berprestasi Tanpa Narkoba’, sub-tema ‘Menjadikan SNS sebagai Ujung Tombak Pemberantasan dan Penyalahgunaan Narkotika di Lingkungan Sekolah Serta Lingkungan Masyarakatnya.

Dia menjelaskan langkah ini tidak sampai disitu saja akan tetapi juga dilanjutkan pembentukan anggota SNS di Kecamatan Barong Tongkok, Bigung, dan kecamatan lainnya, pada 2018 mendatang.

BNK juga melakukan komunikasi dengan masing-masing sekolah, agar dapat memprogramkan kegiatan ini setiap bulan atau 3 bulan sekali.

“BNK akan datang ke sekolah, Bagi anggota SNS yang telah dilantik dan diberi pembekalan, diharapkan untuk terus berkomunikasi, sharing dan evaluasi, sehingga terjalinnya hubungan emosional yang baik antara BNK dengan SNS kedepan,” tutur Jamidi.

Untuk diketahui BNK Kubar bekerjasama dengan Satreskoba Polres Kubar, sekaligus sebagai narasumber menyampaikan materi bidang hukum bagi terdakwa dan pengguna narkotika. Dalam kesempatan itu, BNK Kubar menghadirkan dr Waluyo yang telah mengikuti pelatihan di BNN Provinsi Kaltim. Materi yang dibawakannya, jenis Napza serta bahayanya bagi manusia. (ADV/hms36/NAW).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Banner

Tweets