Kabupaten Kutai Barat

Resmikan Sekretariat BNK

kb-23-bnk-3-660x330

SENDAWAR – Wakil Bupati Kubar H Edyanto Arkan SE yang juga ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) meresmikan sekretariat BNK Kabupaten yang beralamat  di Jln Sendawar Raya Kampung Ngenyan Asa Kecamatan Barong Tongkok, Selasa (22/11). Dengan diresmikannnya sekretariat BNK Kubar kita akan sama-sama menyusun program untuk mengoptimalkan kinerja BNK yang perlu kita tingkatkan, karena BNK merupakan unit dari pemerintah terutama dalam penanggulangan para penderita yang terjerat narkoba.

Selain itu dengan adanya sekretariat BKN untuk menekan laju perkembangan kasus narkoba disuatu daerah, oleh sebab itu dengan adanya sekretariat ini sebagai wadah kita berkonsultasi dan berkomunikasi untuk membahas permasalahan-permasalahan serta penanganan narkoba didaerah kita, serta menyusun program penyadaran dan memberikan rasa takut akan bahanya narkoba kepada anak-anak sekolah.

Secara khusus Ketua BNK berpesan, dengan adanya sekretariat ini banyak pihak yang mau peduli terhadap lingkungan, keluarganya yang sudah mengunakan narkoba untuk mencarikan solusi sehingga bisa keluar dari jerat narkoba. Disekretariat BNK kita juga menyediakan jasa konsultasi gratis untuk penanganan masalah narkoba, dengan dibantu pihak Polres Kubar, Dinas Kesehatan dan para dokter , serta kedepan kita juga akan rangkul ahli psikologi agar yang terjerat narkoba bisa keluar dan tidak menggunakan narkoba lagi.

Wabup juga mengharapkan kedepan tidak hanya BNK yang bisa membantu warga untuk keluar dari jerat narkoba, tetapi yang lebih penting adalah peran keluarga yang sudah mengetahui anggota keluarganya yang sudah menggunakan narkoba bisa melaporkan ke BNK untuk dilakukan rehabilitasi, oleh sebab itu kedepan kita harapkan kasus narkoba di Kubar semakin menurun, kalau perlu sekretariat narkoba ini pada waktunya nanti tutup karena tidak ada lagi masalah narkoba. ”Kita tidak mengharapkan sekretariat BNK ini menjadi besar, tetapi menjadi kecil itu tandanya narkoba di Kubar semakin berkurang,” terang wabup.

Wabup juga menargetkan jumlah kasus narkoba tahun 2017 sedikit dari tahun 2016. Selanjutnnya sekretariat BNK akan memikirkan program apa yang berdampak besar kepada masyarakat yang belum terkontaminasi narkoba, serta warga masyarakat yang sudah terjerat narkoba namun belum sampai ke proses hukum. Apabila sudah sampai proses hukum tidak ada jalan lain  tentu harus mengikuti proses yang berlaku, tetapi bagi yang belum walaupun sudah mengunakan bisa ditangani dengan cara rehabilitasi agar tidak terjerat narkoba.

Dalam kesempatan yang sama Wakapolres Kubar Kompol Slamet Ramelan Sik MH menuturkan dengan adanya sekretariat BNK betul-betul bisa menanggulani dan mendeteksi, serta melakukan  tindakan represif dengan penyidik dari Polres Kubar. Penanganan narkoba ini merupakan tanggung jawab bersama untuk memberantas dan menanggulangi narkoba, karena kita tahu bersama narkoba adalah musuh yang sangat besar. Oleh sebab itu perlu keseriusan dalam penanganan narkoba ini.(hms10)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Banner

Tweets