Kabupaten Kutai Barat

Rapat Koordinasi Persiapan Pemilihan Kepala Kampung Serentak Di Kubar

KB-30-Pilkam (3)

SENDAWAR – Sebanyak 100 kampung di 15 Kecamatan akan mengikuti Pemilihan kepala kampung (Pilkam) serentak pada 30 Maret 2017. Pada Pilkam serentak besok Bupati FX Yapan SH bersama Kapolres Kubar akan turun langsung ke lapangan untuk memantau proses Pilkam. Hal tersebut dikatakan Bupati ketika memimpin rapat koordinasi bersama Kapolres Kubar, Sekretaris Kabupaten, para Asisten dan kepala SKPD, serta Ketua KPUD Kubar dan 16 Camat se Kubar terkait persiapan pengamanan Pilkam serentak yang dilaksanakan diruang Diklat lantai III kantor Bupati, Senin sore (27/3).

Bupati memaparkan tahapan Pilkam serentak tahun 2017 sudah dimulai sejak februari lalu sesuai edaran tahapan yang sudah disampaikan ke kampung dan kecamatan. Dan untuk diketahui, dari 100 kampung yang mengikuti tahapan ada beberapa kampung yang dalam penetapan calon disanggah, dan untuk penyelesaian permasalahannya sudah difasilitasi oleh pihak Kecamatan dan Tim dari Kabupaten.

Bupati juga menegaskan bagi kampung yang terdapat calon secara administrasi tidak lengkap/bermaslah maka calon tersebut jangan dipaksakan ikut dalam pencalonan. Berkaitan dengan Pilkam ada sekitar 20 persen terindikasi rawan konflik, oleh sebab itu anggota kepolisian dan Brimob disiagakan di kampung-kampung rawan konflik. Sekali lagi para Camat diharapkan terus memonitor kampung yang ada didalam wilayah kerja masing-masing, dengan harapkan Pilkam serentak ini tidak terjadi konflik namun bisa berjalan sukses dan aman.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Kubar menjelaskan, berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan oleh Bupati, terkait Pilkam serentak tahun 2017, khususnya dalam hal pengamanan. Menurut pantauan dari pihak kepolisian ada beberapa daerah yang rentan konflik, oleh sebab itu Polres Kubar sudah membagi dalam 3 rayon. Yaitu untuk rayon 1 meliputi Polsek Melak, Barong, Long Iram, kemudian rayon 2 Polsek Damai, Siluq Ngurai, dan Jempang, sedangkan untuk rayon 3 Polsek Bongan, Muara Pahu dan Penyinggahan.

Kapolres juga mengharapkan kepada para camat agar bisa membantu pengamanan yang dilakukan pihak polres, karna keamanan merupakan tanggung jawab bersama. Selain itu pihak polres sudah mensiagakan 2 anggotan kepolisian di TPS yang dianggap rawan konflik pada saat pemilihan, dengan pengamanan tersebut diharapkan pelaksanaan Pilkam  yang menjadi amanat undang-undang bisa berjalan sukses dan aman.(hms10)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Banner

Tweets