Kabupaten Kutai Barat

RAPAT EKSPOS HASIL REKAP DATA LPPD

KB-21-LPPD

SENDAWAR – Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) merupakan tugas pokok yang harus dilaksanakan oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Dimana LPPD sebagai bahan penilaian terhadap kinerja Pemkab Kubar, oleh sebab itu setiap kegiatan harus ada dokumen dan administrasi yang lengkap, hal tersebut ditegaskan Bupati FX Yapan SH ketika memberikan arahan langsung kepada seluruh SKPD dilingkungan Pemkab Kubar dalam rapat ekspos hasil rekap data LPPD di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat Kantor Bupati, Senin (20/2).

Bupati melanjutkan, tugas pokok kita adalah membuat laporan dan tidak ada tawar menawar dalam pembuatan laporan, karena dari LPPD sebagai dasar penilain Provinsi terhadap Kabupaten yang menunjukan kualitas Sumber Daya aparatur pemerintah. Azas ketepatan waktu harus diperhatikan, karena sudah jelas ada jadwal yang disampaikan setiap triwulan, dan  laporan yang harus diselesaikan baku, dengan demikian laporan dan data harus disesuaikan dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh SKPD.

Saat ini aturan semakin ketat, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dalam kegiatan penyampaian Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) di Surabaya beberapa waktu lalu sangat jelas menegaskan jangan main-main  dengan anggaran karena ini jamannya pemerintah menginginkan ada outputnya oleh sebab itu penyusunan APBD bukan karena kemauan tetapi karena kebutuhan. Sekali lagi saya harapkan kepada seluruh SKPD dan pejabat teknis jangan pernah main-main dengan anggaran, saat ini aturan sangat ketat.

Selain itu Bupati juga mengingatkan agar seluruh SKPD bisa mempertanggung jawabkan dan melaporkan secara logis dalam pengaturan/pengelolaan aset, oleh sebab itu barang yang sudah tidak ada lagi atau yang sudah dihibahkan bisa segera kita hapus. Aturan memang harus diterapkan, oleh sebab itu kita harus mengikuti administrasi yang sesuai sehingga kedepan tidak menjadi permasalahan. Dengan demikian aset-aset yang ada disetiap SKPD harus didata sehingga aset tersebut bisa dipertanggung jawabkan.

Dengan ada peningkatan/perubahan menuju kearah yang lebih baik tentu kita sangat senang, oleh karenanya kita perlu memulai dari saat ini agar ada perubahan, sesuai Moto Hari Esok Lebih Baik Dari Pada Hari Ini walaupun peningkatannya sedikit namun  itulah hasil dari kerja kita.

Bupati juga mengingatkan, bagi SKPD yang belum menyampaikan data untuk segera menyampaikan laporannya, dan laporan tersebut tidak bisa ditunda-tunda karena sudah ada jadwalnya, selain itu LPPD merupakan kegiatan baku yang dilaksanakan setiap tahun. Kedepan perlu dibuat tim untuk SKPD mendapat pendampingan, paling tidak melalui tim tersebut bisa memberikan motivasi sehingga SKPD ingat dapat dengan optimal melaksanakan kewajibannya.(hms10)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>