Kabupaten Kutai Barat

Rakor Rastra Kabupaten Kutai Barat

Kb-28- Rastra

SENDAWAR- Bantuan program Beras Sejahtera (Rastra) 2017 segera disalurkan kepada masyarakat di 16 Kecamatan dalam Wilayah Kabupaten Kutai Barat.

Hal ini diketahui saat Rapat Koordinasi Program Rastra di Ruang Diklat Lantai III, Kantor Bupati, Rabu (26/4).

Rapat dipimpin langsung Assisten II ( Ekonomi, Pembangunan, Sumber Daya Alam), Drs Yohanes Kinam yang diikuti oleh Camat-Camat dari 16 Kecamatan, Kepala Bulog Samarinda, Taufik Rizal Harahap, Kepala Dinas, Badan, Kantor dalam Wilayah Kabupaten Kubar.

Sambutan Bupati Kubar, FX Yapan yang disampaikan Assisten II, Drs Yohanes Kinam mengatakan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat menyambut baik Program Rastra, dimana sebelumnya program ini bernama Raskin atau Beras Miskin. Untuk mendukung pelaksanaan Nawacita ke-7 yang menekankan perlunya pemantapan ketahanan pangan melalui peningkatan produksi pangan pokok, stabilitas harga bahan pangan, terjaminnya pangan yang aman serta berkualitas dengan nilai gizi yang meningkat.

Dalam sambutan tersebut juga disampaikan Tahun 2017 penerima Rastra sebanyak 8.878 KPM yang tersebar di 16 kecamatan, sebelumnya tahun 2016 penerimanya yakni, 9.864 KPM dengan jumlah beras yang disalurkan mencapai 1.598.040 Kg. Dibanding tahun sebelumnya 2016, untuk tahun 2017 mengalami penurunan sebanyak 986 KPM.

Peserta RASTRA

 Peserta RASTRA

Pemkab Kubar juga mengalokasikan dana pendamping penyaluran Rastra distribusi ke kecamatan-kecamatan. Sehingga masyarakat dalam menerima Rastra tidak lagi mengeluarkan biaya.

Bupati berharap agar dapat bersungguh-sungguh serta proaktif dalam mensosialisasikan program Harga Tebus Rastra (HTR). Sehingga, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dimasing-masing kampung dalam tiap kecamatan dapat diterima secara efektif dan efisien.

Lanjut disampaikan dalam sambutan tersebut program ini sejalan visi pemerintah Terwujudnya Kutai Barat yang semakin adil, mandiri dan sejahtera berlandaskan ekonomi kerakyatan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Maka, persoalan kemiskinan menjadi salah satu prioritas utama agar dalam proses pembangunan menuju masyarakat yang mandiri dan sejahtera dengan kualitas manusia yang meningkat dapat cepat terwujud.

Sementara itu, Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Kabupaten Kutai Barat, Andi Kristison menjelaskan ini merupakan program nasional. Data penerima KPM merupakan validasi data by name by address dari Kementrian Sosial RI. Untuk 1 penerima KPM satu bulannya mendapatkan bantuan beras sebanyak 15 kg, sehingga setahun sebanyak 180 Kg/ KPM.

“Setelah Rakor Program Rastra ini akan dilanjutkan dengan pelaksanaan Sosialisasi Rastra di bagi Dua Zona diwilayah kecamatan Barong Tongkok,” ujarnya.

Diketahui, Provinsi Kalimantan Timur memperoleh kuota sebanyak 120.523 keluarga penerima manfaat untuk program nasional bantuan beras sejahtera atau rastra pada 2017 dengan jumlah beras yang disalurkan mencapai 21.694.140 kilogram. Penerima beras sejahtera untuk Kaltim sepanjang tahun ini menurun, yakni dari 120.833 rumah tangga menjadi 120.523 rumah tangga, atau menurun sebanyak 310 rumah tangga. Lebih kecil dibanding realisasi pendistribusian rastra 2016 sebesar 24.766 ton.  (hms 19)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>