Kabupaten Kutai Barat

Puncak Acara Pentas Seni & Budaya

IMG_1155

SENDAWAR- Seni dan budaya dalam wujud tari, lagu, hasil kerajinan merupakan ilustrasi akan nilai kehidupan yang sarat makna, bahkan menjadi kebanggaan kita bangsa Indonesia. Melalui kearifan lokal yang terpelihara dan terjaga keasriannya, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui UPT Taman Budaya Sentawar (TBS) mengadakan Malam Puncak Pentas Seni Enam Etnis. Acara Pentas Seni yang merupakan salah satu kegiatan promosi dan informasi melalui lagu dan tarian daerah Kab Kubar bertempat di Panggung utama Mook Mannar Bulatn, TBS, Sabtu (15/7). Kegiatan yang dimulai sejak 29 April 2017 yang lalu ini berlangsung meriah, IMG_1010dengan penampilan dari sejumlah Sanggar seni yang ikut ambil bagian dalam menampilkan beberapa pementasan seni tarian, lagu dan juga hasil kerajinan.

Sambutan Bupati Kutai Barat, FX Yapan melalui Assisten III, Drs Aminuddin mengatakan, kegiatan ini dapat terus dilaksanakan guna memotivasi masyarakat untuk lebih mencintai seni dan budaya khas daerah Kubar, agar lebih dikenal dimata dunia melalui kearifan lokal yang terpelihara dan terjaga kelestarianya. Bupati juga mengatakan dalam sambutannya, kegiatan pelestarian ini memberikan pesan yang cukup mendalam sebagai penerus budaya Kubar. Dimana dapat menumbuhkan rasa bangga akan kekayaan seni budaya yang telah diwariskan nenek moyang kita serta memiliki kesadaran untuk turut melestarikannya. Kepada seluruh pelaku seni dan budaya agar terus menggiatkan serta melakukan kaderisasi kaum muda yang berbudaya. Jangan sampai budaya asing seperti budaya ala korea, ala india dan lain sebagainya menjadi tren. Jadikanlah budaya sendiri merajai dan dicintai oleh masyarakat kita, pesan Bupati.

Tidak hanya itu, Bupati juga berpesan kepada seluruh paguyuban 6 etnis untuk tingkatkan komunikasi antar budaya yang ada di Kubar. Sehingga menjadi indentitas Kubar yang dikenal Nasional bahkan dunia. Serta kepada jajaran UPT TBS kiranya dapat menggiatkan dan meneruskan kegiatan ini berIMG_1143sama-sama seluruh jajaran Dinas terkait. Dimana dapat memperkenalkan dan mempromosikan kekayaan seni budaya, dapat meningkatkan jumlah wisatawan baik domestik maupun mancanegara, pinta Bupati lagi. Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan, Pemasaran Pariwisata pada Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Barat, Deris menyampaikan kegiatan pentas seni ini telah menampilkan beberapa sanggar seni dari 6 etnis serta partisipan kelompok seni dari tingkat sekolah mulai SMP hingga SMA.  Dimana pelaksanaannya dilaksanakan di UPT TBS yang merupakan sebagai wadah pengembangan, pelestarian seni dan budaya serta sebagai obyek wisata unggulan di Kab Kubar. Adapun sanggar seni tersebut diantaranya, Sanggar Seni Swalas Gunaq, Sendawar Raya, Mahakam Asri, Apau Ayaq, Belawing Kalung, Rangai Soai.

“ Diharapkan dapat menjadi wadah penyalur bakat siswa-siswi dan masyarakat luas dalam bidang khususnya kesenian, serta meningkatkan kecintaan para siswa/siswi maupun masyarakat Kubar,” harap Deris. Turut Hadir Kepala Dinas, Badan, Kantor dalam wilayah Kabupaten Kutai Barat, Kepala UPT-TBS, Dra Melitina, Perwakilan Polres Kubar, Ketua PDA KUbar, Yustinus Dullah, Perwakilan Kodim 0912  Kubar. (hms19)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Banner

Tweets