Kabupaten Kutai Barat

Adat Kuangkai Etnis Tunjung Benuaq Sebagai Ungkapan Religius Yang Mengandung Unsur Solidaritas Yang Tinggi. Rabu (12/07/2019)

foto

Puncak Acara Adat Pemotongan Kerbau, kominfo Lsr.kutaibaratkab.go.id

KOMINFOKUKUBAR – SENDAWAR – Acara puncak adat kuangkai dilakuan pemotongan hewan kerbau yang berlangsung meriah di Halaman belakang Lamin Mancong Kecamatan Jempang, acara puncak Adat Kuangkai, yang menurut kepercayaan masyarakat etnis Tunjun Benuaq bertujuan untuk mengantar dan mendoakan roh leluhur, orang tua atau keluarga yang telah meninggal kealam surga atau Lumut. Dalam acara tersebut Bupati Kutai Barat didampingi Assisten I Setdakab. Kutai Barat, Ketua KONI dan Kepala Opd beserta rekan media.

Bupati Kutai Barat FX. Yapan mengungkapkan, dengan dilaksanakannya upacara adat ini, merupakan bentuk upaya menjaga,  pelestarian adat budaya yang merupakan warisan leluhur nenek moyang dan salah satu ungkapan religius yakni unsur solidaritas yang saling menghargai.

Sementara menurut Kepala Adat Besar Kabupaten Kutai Barat Mannar Damansyah menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan sakral, hanya saja masyarakat sering salah gunakan ijin penyelenggaraan kegiatan adat dengan waktunya berlarut-larut dan ajang mencari dana tambahan dengan membuka perjudiaan dan sebagainya, “maka dari itu mari bersama sama menjaga kesakralan acara adat kuangkai ini dan kerukunan dalam masyarakat yang mengikutinya dengan mengikuti aturan adat dan tidak melanggar hukum formal,” harapnya. Kominfo Lsr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>