Kabupaten Kutai Barat

Program PKLAK Resmi Diberlakukan di Kubar

2017. LAUNCHING

SENDAWAR – Jumat 3/11 Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat, resmi memberlakukan program Paket Komplit Layanan Administrasi Kependudukan (PKLAK). Untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan.

Launching program itu, ditandai dengan pelepasan balon ke udara serta penyerahan secara simbolis paket layanan administrasi kependudukan, oleh Sekda Kubar Drs Yacob Tullur MM, pada pembukaan Rangkaian Peringatan HUT Kubar Ke-18 di Taman Budaya Sentawar (TBS),  pukul -09. 00 Wita.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kubar, Drs Bahtiar menerangkan ada tiga paket yang diserahkan secara simbolis dalam launching ini. Yakni pertama yakni, paket two in one seperti mengurus akta kelahiran sekaligus perubahan Kartu Keluarga (KK) bila ada penambahan anggota keluarga atau sebaliknya.

Kedua, three In One yakni mengurus akta kematian  yang mendapatkan KK baru karena ada salah satu anggota keluarganya meninggal, sehingga ada perubahan didalam KK tersebut. Lalu,  diberikan surat keterangan pengganti Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) karena ada perubahan status dari menikah menjadi janda atau duda.

Yang terakhir ketiga, four in one yaitu, mengurus akta perkawinan dan juga mendapat perubahan KK orang tua, perubahan KK bersangkutan (pasangan baru menikah) kemudian menerbitkan KK baru, dan diberikan surat keterangan penggant KTP-el karena adanya perubahan status dari belum menikah menjadi menikah.

“ Dimana ini juga merupakan program dari pemerintah pusat akan tetapi, diharapkan dari Pemerintah Daerah membuat inovasi, itupun tergantung kesiapan dari masing-masing daerah,” bebernya.

Disinggung mengenai kesulitan hampir tidak ada, namun kesadaran dari warga untuk tertib administrasi seperti melengkapi persyaratan administrasi masih belum sepenuhnya optimal

Untuk semua dokumen produk yang dikeluarkan Disdukcapil tidak dipunggut biaya satu senpun alias gratis. Untuk mengurangi menekan terjadinya kesalahan redaksi baik Up date data, nama, tanggal lahir sebaiknya masyarakat yang bersangkutan datang dan mengurus sendiri jangan lewat orang lain dengan membawa dokumen yang diperlukan, imbaunya.

Turut Hadir Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kubar, Drs Yacob Tullur, Kapolres Kubar, AKBP Pramuja Sigit Wahono, Dandim 0912 Kubar, Rudi Setiawan, Ketua TP PKK Kubar, Seri Rahayu Yapan, Persit Candra Kirana Kodim 0912/Kbr, Anggota DPRD Kubar, Ipin. (ADV/hms 19/NAW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Banner

Tweets