Kabupaten Kutai Barat

Petani Durian Runtuh Pada Musim Durian, Karena Membuka Peluang Usaha Bagi Para Pedagang Musiman (10/01/2019)

Musim Durian

Yuliana seorang petani durian, asal kampung tering Seberang, Kecamatan Tering.Foto kominfo Lsr.diskominfo.kutaibaratkab.go.id

KOMINFOKUBAR – SENDAWAR – Musim Panen Durian di Kabupaten Kutai Barat, saat ini tak terkendali aroma khas di Ibu kota Kabupaten yaitu bermunculan pedagang musiman yang menjual buah tersebut disepanjang jalan. Dan musim ini secara otomatis membuka peluang usaha bagi para pedagang musiman dengan hasil yang cukup menjanjikan yaitu mendapat keuntungan hingga jutaan rupiah.

Salah satunya yaitu Petani sekaligus pedagang durian di Kampung Tering Lama,  Kecamatan Tering, Si Nenek Yuliana Mulianti, yang mengaku, saat musim durian tiba dapat meraup keuntungan hingga Rp. 5 Juta dalam sebulan. “Ya sudah berkisar kurang lebih Rp. 5 juta sudah dalam 1 bulan ini, kita kumpul-kumpul. Ini kita jual hasil dari kebun sendiri, jadi untuk harganya dari 5 Ribu sampai harga termahal itu 20 Ribu per-Buah.” katanya di kebunnya, di daerah Danau Gap.

“Selayaknya tanaman buah Durian-pun ada musim, biasanya mulai akhir hingga awal tahun, seperti saat ini, mulai berbuah di bulan Desember 2018 dan masuk ke musim panennya pada bulan Januari sampai Februari pada tahun 2019 ini.”  Yuliana Mulianti menambahkan.

Saat musim panen seperti sekarang ini, buah durian milik si nenek tersebut tidak hanya dibeli oleh warga lokal, bahkan tengkulak dari luar Daerah-pun datang mengambil langsung ke-kebunnya, seperti Kota Samarinda, Bontang dan Balikpapan untuk dijual kembali ke-kota mereka.

Menurut petani durian, sudah kurang lebih satu bulan musim durian ini, sudah menjual lebih dari 500 buah dari 9 Pohon.  Sementara masih ada ratusan buah lagi yang belum dipanen atau masih ditunggu jatuh dengan sendirinya setelah masak secara alami pohon. Kominfo Lsr.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>