Kabupaten Kutai Barat

Pertumbuhan Ekonomi Kubar Terus Membaik

2017.2805.PERTUMBUHAN

Jalin Kerjasama Tingkatkan Peluang Pengembang Usaha Ekonomi Mikro dan UKM

 SENDAWAR – Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dari tahun ke tahun kian membaik. Dengan mengembangkan peluang pengembang usaha ekonomi mikro dan usaha kecil menengah, di sektor kerajinan, kuliner khas tradisional, dan pariwisata.

Membaiknya kondisi ekonomi Kubar saat ini dapat dilihat dari angka kemiskinan yang kian menurun. Menurut data yang ada tahun ini jumlah angka kemiskinan hanya berkisar  7,52 persen, sementara di tahun 2016 lalu berkisar 8,72 persen

Hal itu juga bisa dilihat juga dengan berkurangnya penerima jatah beras sejahtera (Rastra) tahun ini dari tahun sebelumnya. Untuk tahun ini jumlah KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang menerima beras itu mengalami penurunan menjadi 8.878, sementara tahun lalu jumlahnya mencapai 9.864 KPM. Serta tingginya jumlah nasabah potensial Bankaltim cabang Kutai Barat yang saat ini mencapai 62.299 orang, sehingga memposisikan Kutai Barat nomor tiga setelah Samarinda dan Kutai Kartanegara.

”Secara umum pencapaian kinerja ekonomi Kubar dari tahun ke tahun sudah mulai menunjukan perbaikan dan optimis ke depan lebih baik,”tegas Bupati Kubar FX Yapan SH.

Dia menjelaskan untuk menggerakkan tumbuhnya perekonomian kreatif di Kutai Barat, pihaknya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, bahkan dengan lembaga perbankan dan beberapa perusahaan demi meningkatnya peluang pengembangan usaha ekonomi mikro dan usaha kecil menengah.

Baik dibidang kerajinan dan kuliner khas tradisional. Dan ini digiatkan melalui peningkatan SDM dan kapasitas serta pemberdayaan kampung, pemuda dan perempuan.(adv/hms10/NAW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Banner

Tweets