Kabupaten Kutai Barat

Persiapan Panen Raya

SENDAWAR-  07 February 2017 mendatang akan diadakan Panen Raya, bertempat di perbatasan Kampung Long Iram Seberang dan Kampung Muara Leban, kecamatan long Iram. Rencanannya di panen langsung oleh Bupati Kutai Barat, FX Yapan.

Hal ini disampaikan Camat Long Iram, Burhan ditemui di ruang kerjanya, Rabu (1/2).

Burhan

Burhan

Burhan menjelaskan sebanyak hampir 48 hektar dari 70 hektar total luasan lahannya akan dipanen diperkirakan akan memanen kurang lebih 22 ton gabah kering

Ditambahkan, lahan yang dipanen ini merupakan lahan milik dua kelompok tani yakni, Kelompok Meleduk Lestari dan Harapan Makmur. Ini merupakan Panen Raya yang ke-2 kalinya, dimana panen raya pertama kali dilaksanakan kurang lebih 10 tahun yang lalu.

“ Kedepan, harapan kami semua bahwa  panen tidak hanya setahun sekali saja, tetapi paling tidak setahun bisa tiga kali panen. Kenapa  terhambat, sebab ketidaktersediaan adanya waduk atau tampungan air atau yang biasa disebut DAM.  Hingga sampai detik ini masih tergantung pada curah hujan,” bebernya.

Burhan menuturkan, wilayah tempat panennya untuk masuk ke lokasi hanya bisa diakses oleh kendaraan roda dua bahkan terkadang ditempuh dengan jalan kaki.

Berharap kedepan adanya peran serta petani agar dapat memanfaatkan lahannya secara maksimal, kemudian adanya perbaikan askes jalan untuk memudahkan masuk ke lokasi lahan pertanian, harap Burhan.  (hms 19)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Banner

Tweets