Kabupaten Kutai Barat

Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 Mendatang

pahlawan

Wajibkan Mengheningkan Cipta Selama 1 Menit

SENDAWAR-  Kegiatan mengheningkan cipta akan digelar secara serentak se-Indonesia pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 mendatang. Untuk Kutai Barat akan dipusatkan di Taman Budaya Sentawar (TBS).

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Sosial (Dissos) Kubar, Rinatang melalui Kepala Seksi Kelembagaan Kepahlawanan dan Restorasi Sosial, Soviati ditemui baru-baru ini di Kecamatan Barong Tongkok.

Ditambahkannya, Hening Cipta berlangsung selama 60 detik dimulai pada pukul 08.15 waktu setempat. Kenapa dilaksanakan hening cipta pada Pukul 08.15. Karena,  merupakan waktu saat terjadi peristiwa heroik pada 10 November 1945 di Surabaya,” terangnya.

Lebih lanjut ia terangkan, kegiatan serupa sebenarnya sering dilakukan setiap tahun saat peringatan Hari Pahlawan. Namun, untuk tahun ini, kegiatan mengheningkan cipta dan doa bersama akan diselenggarakan lebih masif.

“Rencananya, kegiatan mengheningkan cipta akan dilakukan di seluruh tempat. Misalnya, di bandara, pelabuhan, terminal, jalan raya, hingga di lingkungan rumah.Kegiatan ini merupakan instruksi dari Kementerian Sosial yang telah berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri, “bebernya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan menumbuhkan kesadaran pemuda mengenai penghormatan bagi para pejuang kemerdekaan Indonesia. Dapat mengingatkan kembali masyarakat tentang jasa para pahlawan.

“Kerelaan berkorban sekarang tidak mudah dilakukan. Para pahlawan berjuang tanpa pamrih, kecintaan mereka pada Tanah Air membuat pantang menyerah,” katanya. (hms 19)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>