Kabupaten Kutai Barat

Peresmian Pasar Kampung Sumber Sari Barong Tongkok

KB-24-Peresmian (1)

SENDAWAR –  Sebanyak 94 dari 190 Kampung se Kubar sudah memiliki Badan Usaha Milik Kampung (BUMK). Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Kubar H Edyanto Arkan SE  dalam acara peresmian Pasar Bumi Purai Sari, Kampung Sumber Sari Kecamatan Barong Tongkok, yang dikelola langsung oleh BUMK Bumi Mas Mandiri (BMM), Kamis (23/3).

BUMK Bumi Mas Mandiri Kampung Sumber Sari selain mengelola pasar, juga mengelola Ruko, dan Pengolahan Sampah. Kedepan diharapkan BUMK juga bisa melihat peluang usaha lain untuk mengembangkan usaha, sepeti penyediaan beras dan sebagainya. Turut Hadir Anggota DPRD Kubar, Kepala Dinas Badan dan Kantor dilingkungan Pemkab Kubar, Perwakilan Dandim dan Polres Kubar serta Kepala Bankaltim.

 

Dalam kesempatan tersebut Wabup menuturkan Kampung Sumber Sari merupakan salah satu kampung yang sudah menunjukan geliat yang cukup bagus, kita harapkan kampung-kampung lain yang sudah memilki BUMK dapat mengembangkan diri dari potensi-potensi yang ada, seperti di sumber sari.

Sampah tidak hanya menjadi masalah, tetapi juga bisa diolah untuk mendatangkan berkah. Untuk itu kita pantas memberikan apresiasi kepada masyarakat dan pengurus kampung dalam pengelolaan sampah. Namun saya berharap tidak hanya terhenti pada kegiatan ini saja, hendaknya kedepan muncul kegiatan baru.

Wabup H Edyanto Arkan Menyiramkan Air Kembang Sebagai Tanada Peresmian Pemakaian Mobil Pengangkut Sampah

“Di kampung Sumber Sari misalnya memiliki 400 KK  pasti membutuhkan beras, karena tidak semua masyarakat menanam padi dan menghasilkan beras untuk dikonsusmsi, dan pasti masyarakat membeli beras. Kebutuhan akan beras tersebut dapat menjadi peluang bagi BUMK, dengan membeli beras secara partai/besar disumber penghasil beras seperti di Kecamatan Bongan dan Long Iram, kemudian dijual kepada masyarakat dalam bentuk kemasan ataupun eceran. Selanjutnya penggunaan listrik yang membayar ke loket yang jauh, BUMK juga bisa mengambil jasa tersebut sesuai kesepakatan dengan masyarakat, ini juga bentuk yang bisa dikembangkan,” kata Wabup.

Pemkab Kubar juKB-24-Peresmian (3)ga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK), serta  Dinas terkait, perusahaan dan Bank Kaltim yang telah melakukan kerjasama dan pendampingan kepada Kampung Sumber Sari. “Kedepan diharapkan kepala DPMK bisa melakukan pendampingan kepada BUMK-BUMK yang lainnya, yaitu tidak hanya mengandalkan APBD tetapi bisa mengembangkan dengan kegiatan masyarakat, saya yakin kegiatan di kampung Sumber Sari bisa dicontoh kampung yang lain, karena pelaksana dan pengelola BUMK yang ada disini tidak memiliki ilmu pendidikan yang tinggi tetapi dengan kemauan dan kerja keras yang tinggi  mereka bisa berhasil,” terang Wabup.

Untuk sukses, pertama harus mau kerja keras,  dan siap bekerja sama dengan pihak lain itu yang harus dipertahankan. Selanjutnya penampilan yang baik harus diperhatikan, karena untuk sukses penampilan harus baik begitu juga dalam usaha, dan tempat yang sudah strategis disekitar lokasi yang ramai dan dekat jalan raya ini merupakan tampilan yang baik. Serta perlu didukung dengan keyakinan, ketekunan dan kesabaran dalam melaksanakan kegiatan semacam ini, jika tidak tekun dalam mengurus pengelolaan sampah, ruko dan pasar awalnya baik tetapi pada akhirnya bisa buyar.

Wabup juga memberikan apresiasi yang sangat besar dan mengacungkan jempol kepada kampung sumber sari, semoga kampung ini menjadi kampung andalan dalam pengembangan BUMK yang ada, oleh sebab itu diharapkan kepala DPMK nanti terus melakukan pembinaan sampai pada tahap mantap, jadikan kampung ini dalam pengelolaan BUMK andalan tingkat kabupaten, provinsi bahkan nasional.

Sekali lagi ini merupakan semangat yang perlu dicontoh dan dikembangkan, yakni melalui ADD yang didapatkan oleh kampung tidak semuanya habis digunakan untuk keperluan habis pakai, tetapi gunakan untuk hal-hal produktif dan usaha-usaha pertanian, seperti penjualan pupuk atau bibit, sehingga daerah yang lain diharapkan bisa mencari tahu untuk mengembangkan BUMK dimasing-masing kampung sesuai potensi.(hms10)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Banner

Tweets