Kabupaten Kutai Barat

Peresmian Gereja Katolik Santo Arnoldus Janssen

penandatanganan prasasti

SENDAWAR – Selasa (2/5) pukul 17.00 Wita, ribuan umat katolik dari seluruh penjuru wilayah, Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dan Kalimantan Timur berduyun – duyun datang ke Gereja Katolik Santo Arnoldus Janssen Tanjung Isuy. Yang terletak di kampung Tanjung Isuy, untuk memanjatkan doa sebagai ucapan syukur atas selesainya pembangunan pusat kegiatan ibadah umat Katolik di Kecamatan Jempang itu.

Gereja Katolik St. Arnoldus Janssen Tanjung Isuy

Gereja Katolik St. Arnoldus Janssen Tanjung Isuy

Di mana gedung yang berbentuk rumah lamin dibangun sejak tahun 2009, dengan daya tampung ratusan umat ini, telah resmi digunakan umat katolik untuk beribadah. Sore kemarin Uskup Agung Keuskupan Samarinda telah mentahbiskan Gereja Katolik Santo Arnoldus Janssen Tanjung Isuy. Ekaristi Kudus tersebut dipimpin langsung oleh Mgr Yustinus Harjosusanto, MSF, selaku Uskup Agung Keuskupan Agung Samarinda yang dilanjutkan pemotongan pita, pada pukul 17.30 Wita. Dan pada malam harinya usai prosesi ibadah, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Kutai Barat FX Yapan SH, pukul 19.30 WITA didampingi Mgr Yustinus Harjosusanto, MSF, Sekretaris Daerah (Sekda) Drs Yacob Tullur MM, Anggota DPRD Kutai Barat, Pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Kubar, para tokoh masyarakat, agama dan adat yang di saksikan ribuan umat katolik.

Bupati Kubar FX Yapan SH, yang sempat hadir dalam acara tersebut mengucapkapkan selamat dan memberikan apresiasi kepada panitia pembangunan gereja, dari jajaran konsultan perencana, pelaksanaan konsultan pengawas, tukang bangunan para donatur dan umat yang telah berjerih paya sejak dari tahun 2009 hingga tahun 2017 membangun sarana tempat ibadah ini. “Semoga dengan berdiri kokohnya gereja ini membawa berkat iman bagi seluruh umat katolik dalam Paroki ini dan seluruh umat Katolik se Kutai Barat,”ujarnya.

Pemotongan Pita Peresmian Gereja Katolik Santo Arnoldus Janssen

Pemotongan Pita Peresmian Gereja Katolik Santo Arnoldus Janssen

Yapan menjelaskan Gereja merupakan bahas dari negara Yunani, yang  artinya sebagai sekumpulan orang yang percaya akan Yesus Kristus. Pengertian ini kemudian di gambarkan melalui ragam metafora yang salah satuya adalah gereja sebagai bangunan rohani.

“Makna ini secara harafiah tidak hanya dipandang secara simbolis sebagai bangunan infrastruktur yang megah namun lebih kepada upaya untuk memampukan diri sebagai umatnya menjadi pribadi yang utuh, berkualitas dalam iman dan mampu mengabdikan diri tidak hanya peruntukkannya bagi kaum komunal namun bagi seluruh kehidupan umat beragama tanpa terkecuali,” jelasnya.

Di mana dalam membangun sebuah gedung gereja ini tentunya melalui proses yang cukup panjang, penuh tantangan, permasalahan. Namun dengan keyakinan semangat yang teguh, kebersamaan akhirnya perjuangan ini membuahkan hasil yang indah. Ia berharap kepada seluruh umat baik Tokoh Agama, Pastor, Suster, Bruder, Frater, Ketua Dewan Pastoral Paroki, Ketua Dewan Stasi,para guru agama dan kita semua tanpa terkecuali tidak hanya fokus dan perduli pada capaian secara komunal saja. Tetapi satukanlah tekad, semangat serta iman kita untuk membangun

Kutai Barat ini secara keseluruhan Semangat hidup menggereja ini hendaknya diwujudnyatakan melalui karya nyata saudara dalam mewujudkan perdamaian, mewujudkan harmonisasi kehidupan, mewujudkan ketahanan serta pemberdayaan pangan, memberikan perhatian kepada kaum yang lemah dan miskin dengan memberikan pendampingan iman, pemberian keterampilan guna kemandirian hidup, kegiatan bakti sosial, perwujudan pribadi yang menghargai dan menggunakan alam lingkungan dengan arif dan bijaksana, memerangi narkoba dan lain sebagainya.

“Gereja ini tidak hanya dipandang, Gereja yang dipercaya satu, kudus, katolik dan apostolik ini dimaknai secara utuh dan diimplementasikan dalam perwujudan karya Allah yang konkret,”ujarnya.   Sebab pembinaan dan pembangunan di bidang agama senantiasa mempunyai kedudukan dan peranan yang amat penting sebagai

Penyerahan Dana Bantuan Dari Pemerintah Kabupaten Kutai Barat

Penyerahan Dana Bantuan Dari Pemerintah Kabupaten Kutai Barat

bagian integral dari upaya meletakkan landasan moral dan spiritual yang kokoh bagi keberhasilan pelaksanaan pembangunan nasional dan Kutai Barat pada khususnya.

Pada akhir acara ramah tamah Bupati Kutai Barat FX. Yapan, S.H. secara simbolis menyerahkan bantuan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat untuk Gereja Katolik Santo Arnoldus Janssen sebesar Dua Ratus Juta Rupiah yang di serahkan langsung kepada Pastor Paroki, selain itu juga memberikan bantuan pribadi kepada ketua panitia kegiatan Peresmian Gereja Katolik St. Arnoldus Janssen Tanjung Isuy. (HMS36)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>