Kabupaten Kutai Barat

Penyaluran Dana Kredit Perikanan Sejahtera Bankaltim

KB-25-Kredit (1) (1)

SENDAWAR – Sebagai upaya membantu Pemerintah Daerah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui peningkatan pendapatan asli daerah Bankaltim cabang Sendawar menyalurkan kredit perikanan sejahtera kepada enam debitur di Kecamatan Penyinggahan senilai Rp 440 juta. Dana tersebut diberikan untuk pembelian pakan ikan dan pengembangan usaha seperti penambahan benih ikan dan keramba, yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati H Edyanto Arkan SE dalam acara penyaluran dan penandatanganan perjanjian kredit perikanan sejahtera yang dipusatkan Balai Pertemuan Umum Kecamatan Penyinggahan, Kamis (23/2).

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati H Edyanto Arkan SE mengharapkan kedepan Kecamatan Penyinggahan bisa terus meningkatkan hasil budidaya ikan dan hasil tangkap ikan sehingga menjadi sentra penghasil ikan di Kubar. Kecamatan Penyinggahan sangat potensial penghasil ikan dan sangat terampilan dalam memelihara ikan, oleh sebab itu Pemkab Kubar mengharapkan Kecamatan Penyinggahan sebagai sentra penghasil ikan untuk Kubar dan daerah sekitarnya. Turut hadir Direktur utama BPD Kaltim, Direktur Utama PT Jamkrida, Pimpinan Devisi UMKM dan Konsumer BPD Kaltim, Kepala Dinas Perikanan Kubar.

KB-25-Kredit (3)

Hasil Panen Ikan Nila Keramba Kecamatan Penyinggahan

Untuk itu Pemkab Kubar mengucapkan terimaksih kepada Bankaltim yang sudah memberikan dukungan dana kepada nelayan di Penyinggahan untuk memperbesar usahanya, dengan masyarakat sudah terbiasa berhubungan dengan Bank, masyarakat juga diharapkan bisa dengan tertib melakukan pembayaran kredit di Bank sehingga masyarakat lainnya juga mendapatkan manfaat.

Sekali lagi Wabup berpesan kepada seluruh masyarakat Penyinggahan peliharalah kepercayaan yang sudah diberikan oleh pihak Bank, karena dengan kepercayaan yang baik pihak Bankaltim kedepan tentu akan memberikan peningkatan pinjaman usaha yang lebih besar lagi. Dengan demikian sangat diharapkan kepada nelayan untuk betul-btul serius dan lebih ulet menekuni usaha dibidang perikanan, karena usaha perikanan ini sangat menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas akan ikan cukup tinggi, dengan demikian kita harapkan bisa menjadi daerah yang swasembada perikanan.

Dengan hasil perikanan yang ada selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar juga sangat dibutuhkan oleh perusahaan besar untuk memenuhi kebutuhan karyawannya, disini ada beberapa tambang besar dan Pemkab Kubar akan memfasilitasi dan membantu masyarakat memasarkan hasil perikanan ke perusahaan-perusahaan yang ada dengan melakukan komunikasi dengan perusahaan yang ada, dengan keunggulan yang dimiliki ikan masih segar. Oleh sebab itu diharapkan nelayan dapat menyeimbangkan harga pasaran ikan yang ada agar bisa bersaing dengan harga ikan dari luar.

Wabup juga menjelaskan, terkait program pencanangan program bankaltim perikanan sejahtera merupakan program terbaik dan merupakan esensi dan kebutuhan dasar yang baik, dan Pemkab Kubar menyambut baik program tersebut sebagai mitra Pemerintah yang memberikan pembiayaan kepada masyarakat, karena Pemerintah tidak akan mampu melakukan penampingan dalam memajuan UKM yang ada tanta dibantu pihak Bankaltim sebagai agen Pemerintah di seluruh Kaltim termasuk Kubar yang diharapkan sebagai kepanjangan tangan pemerintah untuk mengambangkan uaha-usaha, menuju masyarakat Kaltim dan khususnya Kubar sejahtera.

Dalam kesempatan yang sama Direktur utama BPD Kaltim Zainudin Fanani menuturkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Penyinggahan, dengan pemberian kredit dari bankaltim bisa memberikan manfaat dan keberkahan yang besar bagi masyarakat.

KB-25-Kredit (4)

Wakil Bupati H Edyanto Arkan Didampingi Direktur Utama BPD Kaltim, Direktur Utama PT Jamkrida Meninjau Langsung Keramba Bibit Ikan Dan Budidaya Ikan Siap Panen

Bankaltim merupakan milik Pemerintah Provinsi Kaltim dan Kaltara serta seluruh Kabupaten Kota di Kaltim dan Kaltara termasuk Pemkab Kubar, dimana Pemkab Kubar juga memiliki saham di Bankaltim sebesar Rp 55 Milyar. Oleh sebab itu kami sangat bangga dan senang hati hadir disini untuk membantu masyarakat, dalam rangka pengembangan usaha karena bank didirikan untuk mendorong pertumbuhan perekonomian daerah dan pendapadatan asli daerah. Harus dipahami pembiayaan/kredit yang diberikan bukan hibah/pemberian tetapi itu merupakan pinjaman yang wajib dikembalikan oleh sebab itu harus beertanggungjawab terhadap pelunasan, dengan demikan program bankaltim mendorong pertumbuhan ekonomi bisa terwujud.

Sekali lagi bankaltim juga berterima kasih kepada Pemkab Kubar yang bersama-sama meningkatkan perekonomian dibidang perikanan. Dimana bank sudah memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan kredit yang ada dengan bunga 9 persen. Ia juga memberikan semangat kepada nelayan agar bekerja dengan baik, agar usahanya bisa berkembang dan maju, ini lah upaya yang dilakukan pemerintah mensejahterkan masyarakat melalui badan usaha milik daerah dalam rangka meningkatkan perekonomian masing-masing wilayah  seperti di penyinggahan.(hms10)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Banner

Tweets