Kabupaten Kutai Barat

Pemerintah Kampung Wajib Tingkatkan Sinergi dan Harmonisasi

2017.2905.syukuran

PEMERINTAH kampung, harus mampu meningkatkan sinergitas dan harmonisasi yang baik dengan pemerintahan kecamatan dan pemerintahan kabupaten, demi ‘Terwujudnya Kutai Barat Yang Semakin Adil, Mandiri dan Sejahtera Berlandaskan Ekonomi Kerakyatan dan Peningkatan Kualitas Sumber daya Manusia,”  tegas, Sekretaris Daerah (Sekda) Kubar Drs Yacob Tullur MM, saat membacakan sambutan tertulis Bupati Kubar FX Yapan, pada acara syukuran Kampung Sembuan Kecamatan Nyuatan, Senin 30/5 lalu.

Dimana dalam kesempatan itu seluruh masyarakat sembuan mengucapkan doa dan melanturkan rasa syukur atas terlantiknya putera kampung Sembuan yang membanggakan yaitu Yacob Tullur yang telah dilantik menjadi Sekretaris Daerah periode 2017-2022 ini. Dan dalam kesempatan itu ucapan syukur pun dilantunkan atas suksesnya proses pemilihan hingga pelantikan Petinggi Kampung Sembuan. Turut hadir Asisten II dan III para kepala SKPD dilingkungan Pemkab Kubar, Staf Khusus Bupati dan Ketua DWP Kubar.

“Semua wajib bergerak dan langkah harus searah terutama petinggi/lurah  harus dapat memberdayakan masyarakatnya untuk mau perduli dan telibat dengan arah gerak pembangunan,” tegas Yacob saat membacakan sambutan.

Ia juga mengucapkan selamat dan apresiasi atas keberhasilan para putera daerah kampung sembuan ini, semoga melalui dua putera kebanggaan kampung ini mampu menjadikan hari esok Kutai Barat pada umumnya dan kampung sembuan pada khususnya menjadi lebih baik dari pada hari.

Seperti diketahui bahwa peran Sekda, ibarat benang merah memiliki peran yang sangat strategis dalam memimpin, menggerakkan, motivator dan sebagai panutan masyarakat.

Jika Sekda memiliki ranah lebih luas dan tugas tanggungjawab yang lebih besar yaitu bertugas membantu Bupati dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan Dinas Daerah dan Lembaga Teknis Daerah sedangkan  petinggi bertugas menyelenggarakan Pemerintahan Desa, melaksanakan Pembangunan Desa, pembinaan kemasyarakatan Desa, dan pemberdayaan masyarakat Desa. Kendati demikian keduanya memiliki benang merah seperti yang saya paparkan diatas.

Kedua peranan saudara kita ini memiliki kedudukan yang sama pentingnya dan memerlukan dukungan serta totalitas dari seluruh lapisan yang sama besarnya. Menyadarai akan pentingnya hal ini maka dalam kesempatan yang berbahagia ini saya ingin menyampaikan beberapa pesan kepada jajaran pemerintah desa. Jika kemarin kita sempat berbeda pandangan, berbeda pilihan hal tersebut dapat kita maklumi. Kini bukan lagi untuk memikirkan strategi pemenangan petinggi namun kini adalah bagaimana kita berpikir untuk bekerjasama menyatukan Semangat Sempekat membangun kampung Sembuan ini lebih maju lagi.

Selanjutnya kepada  seluruh warga Kampung Sembuan, terpilihnya saudara kita selaku Sekda Kutai Barat ini bukan secara tiba-tiba. Melainkan keberhasilan ini adalah bukti perjuangan. Kemampuan, layak dan pantasnya saudara kita ini menjadi seorang SEKDA KUBAR. Disini saya minta kepada seluruh warga kampung sembuan kiranya tidak hanya doa dan restu yang mengiringi saudara kita dalam mengemban tugasnya, saya harap saudara sekalian dapat menunjukkan dukungannya secara nyata melalui peran dan fungsi masing-masing terutama dalam penyelenggaraan pemerintahan dan optimalisasi fungsi Aparatur Sipil Negara dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan baik. Perangi budaya KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme).

Terutama saat menjalankan ibadah puasa saya ingin dalam pelayanan publik tidak mengurangi sedikit pun semangat untuk mengabdi dan berkarya. Berikut yang tidak kalah pentingnya adalah menyikapi persoalan disintegrasi bangsa, sekali lagi kita harus memegang teguh persatuan dan kesatuan. Kita harus bersikap toleran atas perbedaan yang kita miliki. Perbedaan inilah yang memperkaya kita. Kata saling pun menjadi kata kunci. Kita hidup bersama ditengah kemajemukan harus saling menghormati, menghargai satu sama lain.(ADV/hms10/NAW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Banner

Tweets