Kabupaten Kutai Barat

Pemantauan Pemilihan Kepala Kampung Tahun 2017

KB-31-Pantau Pilkam (3)

SENDAWAR – Bupati Kubar FX Yapan SH memantau langsung pelaksanaan Pemilihan Kepala Kampung (Pilkam) yang serentak diikuti 100 Kampung di 15 Kecamatan, dimana 1 kecamatan yankni Kecamatan Muara Lawa semua kampung tidak mengikuti Pilkam karena kampung-kampung di Kecamatan Muara Lawa sudah mengikuti Pilkam pada 2015 yang lalu. Pemantauan yang dilakukan Bupati di tiga kampung dalam wilayah Kecamatan Barong Tongkok yakni Kampung Ombau Asa, Kampung Engkuni Pasek dan Kampung Mencimai, Kamis (30/3).

Berdasarkan hasil pantaun langsung Bupati di tiga kampung tersebut, proses Pilkam semuanya berjalan aman dan lancar. Dimana disetiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) sudah disiagakan dua orang petugas kepolisian 1 orang anggota TNI dan anggota Linmas.

Sebelumnya Bupati bersama Kapolres Kubar sudah melakukan rapat koordinasi terkait persiapan pengamanan pelaksanaan Pilkam. Berkaitan dengan Pilkam ada sekitar 20 persen terindikasi rawan konflik, oleh sebab itu anggota kepolisian dan Brimob disiagakan disetiap TPS serta di kampung-kampung rawan konflik. Sekali lagi para Camat diharapkan terus memonitor kampung yang ada didalam wilayah kerja masing-masing, dengan harapkan Pilkam serentak ini berjalan sukses dan aman, seperti pantauan langsung di tiga kampung semuanya berjalan dengan aman dan lancar.

Melalui Pilkam tentu harapannya terpilih pemimpin/kepala kampung yang dapat meningkatkan pelayanan bagi masyarakat serta peningkatan pembangunan dan peningkatan ekonomi berbasis kampung. Sekali lagi diharapkan para Petinggi mampu menyukseskan Misi ke 7 Pembangunan yakni Pemberdayaan peran kampung, pemuda dan perempuan sebagai basis pembangunan masyarakat. Program yang mendukung misi meliputi urusan pemberdayaan masyarakat dan desa, program peranan dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam membangun kampung. Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Kampung. Program penataan administrasi pemerintahan kampung. pengembangan lembaga ekonomi perdesaan. Program peningkatan pendapatan masyarakat kampung melalui penerapan TTG dan optimalisasi pengelolaan SDA. Program pengembangan prasarana dan sarana perdesaan, serta program pengembangan dan keserasian kebijakan dan program pemberdayaan.(hms10)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Banner

Tweets