Kabupaten Kutai Barat

Peletakan Batu Pertama Padepokan PSHT Kubar

KB-17- Foto Bersama,

SENDAWAR – Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, melalui Assiten II, Drs Yohanes Kinam meresmikan Padepokan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). Peresmian  tersebut, bertempat di Kampung Sumber Bangun, Sekolaq Darat, Minggu (15/10) sore.

Sambutan Bupati Kubar, FX Yapan yang dibacakan Assisten II, Drs Yohanes Kinam menyampaikan, Pemkab Kubar sangat apresiasi dan mendukung sekali adanya PSHT ini yang ikut serta bermitra dengan pemerintah Kutai Barat untuk mewujudkan Kutai Barat yang sehat sejahtera. Dalam sambutan tersebut juga disampaikan, PSHT sebagai bagian dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kutai Barat juga mampu melahirkan atlit – atlit bela diri pencak silat yang profesional yang dapat mengharumkan nama Kutai Barat.

Bupati berharap dalam sambutannya, melalui persatuan PSHT Cabang Kubar, dapat membawa pengaruh yang baik dan positif bagi kaum muda dan warga Kubar. Sesuai dengan instruksi Presiden kepada seluruh Bupati dan Wali Kota Se – Indonesia dalam program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), maka dari itu pemerintah mendukung segala jenis olah raga yang ada di Kutai Barat ini.

Di Kesempatan yang sama Ir. Dr. H. Taufik Hidayat SH, selaku ketua umum PSHT pusat melalui   Sekretaris Majelis Luhur PSHT, Cahyo Wilis Gerilyanto di dampingi Ketua PSHT Kubar Suparlan  mengatakan hampir wilayah di Indonesia kami kelilingi, untuk PSHT sendiri sudah tersebar di seluruh Indonesia, bahkan sampai kemanca negara, dan  padepokan sendiri diambil dari bahasa jawa yang artinya tempat berkumpul.

“PSHT sendiri tidak membeda – bedakan Agama, Suku, Ras dan sebagainya, makanya di manapun berada harus bisa berbaur dengan siapapun, demi kemaslahatan ummat. Dengan peletakkan batu pertama ini meskipun bisa dibilang lokasinya didalam hutan yang jauh dari keramaian kota, semangatnya serta kegigihan adik-adik di Kutai Barat ini, “ tuturnya.

Berharap dengan adanya sambutan baik dari Pemkab Kubar ini, padepokan atau LUX ini bisa dijadikan training center, bisa kita kumpulkan semua pencak silat yang ada di Kubar ini untuk melakukan latihan bersama menuju Kutai Barat yang lebih berprestasi, pungkasnya.

Diketahui, Tentang PSHT merupakan sebuah organisasi ‘’Persaudaraan’’ yang bertujuan membentuk manusia berbudi luhur tahu benar dan salah dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam jalinan persaudaraan kekal abadi.
Pada awal perintisannya bernama Pencak Silat Setia Hati yang bermula pada tahun  tahun 1903 di Kampung Tambak Gringsing, Surabaya oleh Ki Ageng Soero Dwiryo sebagai pencetusnya.
Pada tahun 1922, Ki Hadjar Hardjo Oetomo (pahlawan perintis kemerdekaan 1883-1952) atas izin Ki Ageng Soerodiwirjo mendirikan latihan Setia Hati bagi generasi muda yang diberi nama Setia Hati “Pemuda Sport Club”(SH PSC) yang kemudian menjadi Persaudaraan Setia Hati “Pemuda Sport Club” yang berupa sebuah Organisasi.
Persaudaraan Setia Hati Terate bukan olahraga pertempuran tetapi seni pertempuran. Sebuah olahraga pertempuran adalah perjuangan dengan yang lain. Sebuah seni pertempuran adalah perjuangan dengan diri sendiri. Falsafah dan Ajaran SH Terate tersebut telah menjadi Prinsip Dasar Setia Hati Terate,untuk mencapai keseimbangan dalam tubuh (jasamani) dan pikiran (rohani), Persaudaraan Setia Hati Terate didirikan pada lima prinsip dasar: Persaudaraan (Brotherhood atau persaudaraan), Olah Raga (Sport), Bela Diri (Self-pertahanan), Seni Budaya (Seni dan budaya), Kerokhanian (pengembangan Spiritual) (hms19)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Banner

Tweets