Kabupaten Kutai Barat

Pelantikan PANWASLU Tingkat Kecamatan

KB-21- Foto Bersama

SENDAWAR- Sebanyak 48 orang dilantik menjadi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Tingkat Kecamatan, dimana ada 16 Kecamatan Se-Kubar. Pelantikan tersebut dilantik langsung oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Kubar,  Mukhtar Kusuma Atmaja disaksikan Bupati Kutai Barat, FX YApan, Wabup, H Edyanto Arkan, Ketua BAWASLU Provinsi Kaltim, Dr Saiful, Fachrujiansyah dan Risma Dewi selaku Komisioner PANWASLU Kab Kubar, di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat (ATJ), Jumat (20/10).

Bupati meminta kepada PANWASLU Kecamatan bekerjsama menjalankan tugas dan amanat yang dipercayakan serta dituntut untuk netralitas, adil serta sesuai dengan aturan yang berlaku. Sebab, netralitas sangat penting dimana menunjukkan suatu Penyelenggaraan Pemilu di daerah tersebut yang berkualitas.

“ Ada prinsip jika kita berbuat baik belum tentu diterima oleh masing-masing individu itu benar, namun apabila kita berbuat sesuai dengan aturan itu benar. Dikaitkan dengan tugas dari PANWASLU dalam menjalankan tugas sesuai dengan aturan dapat memperklihatkan kualitas dalam penyelenggaraan Pemilu di daerah tersebut,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Panwaslu dituntut juga transparan, tidak fiktif dan tidak mark up atau mengada-ada. Ini juga demi kebaikan dari anggota PANWASLU. Sebab yang dilantik ini merupakan orang-orang yang telah dipilih baik disiplin dan etos kerjanya. Sebagai Bupati saya tidak intervensi sebab dapat merusak sistem, tidak ada kepentingan saya disini, tegas Bupati.

Lakukanlah tugas sesuai dengan aturan, bertanggungjawab, komunikasi yang baik terjalin dari berbagai pihak. Baik dengan KPUD Kubar dan jajaran terkait lainnya agar

menuju penyelengaraan pemilu di Kabupaten Kubar yang berkualitas dan bermartabat, serta menuju hari esok yang lebih baik, imbau Bupati.

Sementara itu, Ketua BAWASLU Provinsi Kaltim, Dr Saiful mengucapkan selamat atas dilantiknya PANWASLU Kecamatan,  sangat senang dengan pelantikan hari ini, sebab dihadiri langsung oelh Bupati Kubar, FX Yapan, Wabup H Edyanto Arkan berserta jajarannya.

Ini merupakan fase ketiga untuk pelaksanaan Pemilihan Umum Serentak dimana pada tahun 2015, 2017 dan 2018, jelasnya.

Selain itu, Ketua Panwaslu Kabupaten Kubar, Mukhtar Kusuma Atmaja berpesan kepada anggota Panwaslu yang dilantik ini melaksanakan tugas pengawasan sebaik-baiknya. Ada empat kewajiban yang harus dilakukan PANWASLU Kecamatan, yakni mengamati, mengkaji, memeriksa dan menilai proses pelaksanaan demokrasi di Kubar.

“ Dalam pelaksanaan tugas diperlukan solidaritas sebagi bentuk kekompakkan dalam pengawasan, perlu mengembangkan koordinasi disegala sektor, “pinta Mukhtar Kusuma Atmaja.

Turut hadir Perwakilan Polres Kubar, Perwakilan Kodim 01912 Kubar, Kepala Dinas, Badan, Kantor Dalam wilayah Kubar dan beberpa Camat dalam wilayah Kubar.  (hms 19)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>