Kabupaten Kutai Barat

Pawai Takbir Keliling 1 Syawal 1438 H

KB-26- Lepas Pawai

SENDAWAR- Ratusan mobil yang terdiri dari mobil hias, mobil Pickup dan mobil keluarga ikut larut dalam Pelepasan Pawai Takbir Keliling menyambut 1 Syawal 1438 H.

KB-26- Mobil Hias (2)Pawai takbir yang digawangi Panitia Hari Besar Islam (PHBI) tersebut  berjalan lancar dan meriah diikuti warga, Majelis Ta’lim, Organisasi Kemasyarakatan, Masjid dan Mushola.

Wakil Bupati Kutai Barat, H Edyanto Arkan melepas langsung Pawai Takbir Keliling 1 Syawal 1438 H. Ratusan mobil mengikuti Pawai Takbir keliling yang start mulai di Halaman Alun-Alun Itho Kompleks Perkantoran Pemkab Kubar, Sabtu (24/6) malam.

Wabup dalam sambutannya mengatakan mala Takbir ini merupakan ucapan rasa syukur kita selama hampir sebulan menjalankan ibadah puasa. Merayakan kemenangan pengendalian diri kita terhadap hawa nafsu. Berharap kemampuan menahan hawa nafsu dapat terus kita kembangkan 11 bulan kedepan. Sehingga dapat memberikan sumbangan pembangunan bagi masyarakat Kubar yang kita cintai, pinta Wabup.

Wabup juga menekankan kepada para peserta Pawai, jagalah ketertiban di dalam berlalu lintas, tertib dan sopan. Kemudian, ikutilah arahan-rahan dari petugas pengamanan. Kembangkanlah semangat ini sebagai semangat syiar bagi seluruh bangsa, pintanya lagi.

Di Penutupan Sambutannya, Beliau menyebutkan Minal Aidzin Wal Faidzin, Maaf Lahir Bathin, ujar Wabup.

KB-26- Mobil HiasKetua PHBI Kubar, H Edy Achmadi mengatakan kegiatan PAwai ini merupakan salah satu ucapan syukur. Tidak hanya itu, juga  mampu menguatkan dan memperat Ukhuwah Islamiyah dan memersatu di wilayah Kab Kubar.

Adapun tema Dengan Takbir 1 Syawal 1438 H Gemakan Terus Syiar Islam Di Bumi Tanaa Purai Ngeriman. Panitia juga sudah menyiapkan hadiah berupa Piala, Piagam, Penghargaan dan uang pembinaan. Namun itu semua bukan menjadi patokan utama tetapi demi syiar sama-sama mewujudkan 1 Syawal yang lebih meriah.

“ Ada tiga kriteria penilaian dalam mobil hias ini, yang pertama dekorasi, ketertiban dalam berlalu lintas, kemudian yang penilaian utama dalam tahun ini yakni gema takbir yang langsung  dikumndangkan oleh peserta tanpa putaran kaset dan lain sebagainya,” jelas H Edy Achmadi.

Ada yang membedakan di Malam Takbir Pawai Keliling kali ini yakni dari sebelumnya, dimana rutenya perjalananya yang menempuh jarak kurang lebih 40 km dengan melewati tiga kecamatan di ibukota Sendawar yakni rute tambahan. Adapun rute tambahannya  melintasi Kelurahan Melak Ilir yang selama ini jalan tersebut tidak pernah dilalui karena kondisi jalan. Tetapi Alhamdullilah tahun ini bisa dilewati, bebernya.

Sementara itu, Kapolres Kubar, AKBP Purwadi Wahyu Anggoro melalui Wakapolres, Kompol Slamet Rahman mengatakan bagi peserta pawai wajib mengecek kelengkapan kendaraan, menjaga ketertiban dalam berlalu lintas. Kemudian tidak boleh ugal-ugalan dan menyalip satu sama lain. Ikuti koridor petunjuk oleh petugas teknis yang melakukan pengawalan. Serta yang terutama dilarang menyalakan petasan pada saat dijalan, imbaunya.

Turut Hadir, Assisten, Kepala Dinas, Badan, Kantor, Kakanmenag Kubar, Ketua MUI Kubar. (hms 19)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>