Kabupaten Kutai Barat

Natal Oikoumene Kubar 2017

KB-1- Misa

SENDAWAR- Perayaan Natal Oikoumene Kabupaten Kutai Barat, berlangsung di Gedung Olah Raga Desnan, Jumat (29/12) malam.

Perayaan Natal Oikoumene yang diawali dengan Ibadah  dikemas dengan Perayaan Misa Agung Katolik dipimpin Pastor Gregorius Genane Kaha SVD dari Keuskupan Agung Surabaya selaku Selebran utama, berjalan secara khidmat.

Selesai Perayaan Ibadah dilanjutkan dengan perayan Natal diawali dengan penyalaan Lilin.

Turut dalam Perayaan tersebut Bupati Kubar, diikuti Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kubar, Wakil Bupati, Edyanto Arkan, Drs Yacob Tullur, Assisten II, Drs Yohanes K, Assisten III, Drs Aminuddin, Ketua TP PKK Kubar, Yayuk Seri Rahayu Yapan, Ketua DWP Kubar, Kresensia Rikam, Wakil Ketua II DPRD Kubar, Arkadius Elly, Kapolres Kubar, AKBP I Putu Yuni Setiawan, DANDIM 0912 Kubar, Letkol Inf Rudi Setiwan, Perwakilan Pengadilan Negeri, Perwakilan Kejaksaan Negeri, Ketua BAMAG Kubar,Perangkat Daerah mulai dar Dinas, Badan, Kantor, Bagian, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, disuguhkan dengan tari-tarian daerah yang dibawakan sanggar seni tari, kemudian juga penampilan artis Rohani, Olivia Pardede yang membawakan Pujian- Pujian rohani.

Bupati Kubar, FX Yapan menyalakan lilin pada Perayaan Natal Oikoumene

Bupati Kubar, FX Yapan menyalakan lilin pada Perayaan Natal Oikoumene

Bupati Kutai Barat, FX Yapan dalam sambutannya mengatakan dengan diperkenankan menjadi putera daerah bersama pasangan Wabup, Edyanto Arkan, saya selaku Kepala Daerah dan yang memimpin Kubar ini. Menyadari akan berkat ini kami tidak akan pernah berhenti berjuang untuk terus mengupayakan kapasitas dan kualitas diri terutama dalam melaksanakan pengabdian dan pelayanan yang terbaik demi kesejahteraan masyarakat.

Kami berdua sangat bersyukur karena selama 1 tahun 8 bulan ini bersama masyarakat dan sinergitas seluruh elemen terkait baik perangkat daerah, organisasi keagamaan, organisasi kemasyarakatan dan seluruh publik eksternal memberikan dukungan penuh atas penyelenggaraan pemerintahan, tuturnya.

Dan hal ini terbukti dimana pemerintah Kabupaten Kutai Barat telah berhasil meraih capaian-capaian sebagai berikut, yang pertama Dalam bidang pengelolaan keuangan daerah, LKPD Kabupaten Kutai Barat ini telah berhasil meraih penilaian keuangan dengan opini tertinggi selama 2 tahun berturut-turut  yang diraih pada tahun 2016-2017 yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Bahkan pada tahun 2017 ini kita terbaik kedua dari 10 kabupaten / kota se-Kalimantan Timur . WTP ini sendiri perlu diketahui bersama diperoleh karena kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah, efektifitas penilaian internal, kecukupan pengungkapan informasi dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, ujarnya.

Kemudian yang kedua Oleh karenanya pencapaian ini pada tahun 2018, kita meraih Alokasi Dana Insentif Daerah dari Pemerintah Pusat sebesar Tiga Puluh Empat Milyar Tujuh Ratus Lima Puluh Juta Rupiah, hal ini merupakan prestasi terbesar kita sepanjang 18 tahun ini sedangkan capaian tahun lalu kita mendapat tujuh koma lima milyar (Rp 7,5 M).

Ketiga, Berikut prestasi lainnya adalah keberhasilan kabupaten Kutai Barat dalam penyampaian Raperda tahun 2018 tercepat kedua se-Kalimantan Timur oleh karenanya sebagai apresiasi dari Pemerintah Provinsi Kaltim pada tahun 2018 Kabupaten Kutai Barat menjadi pilot project bagi daerah di Kaltim.

Selanjutnya yang keempat, Kabupaten tercinta ini juga telah meraih ketepatan waktu membayar Iuran Wajib Pegawai (IWP) dan mendapatkan urutan pertama dalam ketepatan waktu membayar dari sepuluh Kabupaten/kota di wilayah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada kwartal I tahun anggaran 2017. Ini hasil yang baik dicapai Kubar mengingat saat kondisi keuangan yang kurang baik tetapi kabupaten kita tidak melupakan kewajiban.

Lanjutnya, yang kelima, berikut penghargaan dari PT. Taspen Persero kita raih dengan kategori tepat waktu atas penyetoran iuran Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kesehatan Masyarakat karena ketepatan waktu.

Kemudian, yang keenam, pada Peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Kalimantan Timur ke -60 kita meraih beberapa  penghargaan yang terbaik diantaranya terbaik I dibidang Dekranasda, terbaik I dibidang pengelolaan keuangan daerah, terbaik II dibidang Kebudayaan dan terbaik ke III bidang prestasi penyelenggaraan diklat aparatur.

Selanjutnya,  ketujuh,  kita juga berada diurutan ketiga yang telah melakukan tindak lanjut secara cepat  atas Laporan Hasil Pemeriksaan semenjak tahun 2001-2016.

Prestasi kedelapan, Berikut terkait dengan penyerapan DAK Fisik kita berada diurutan pertama sebagai Kabupaten yang dapat merealisasikan penyerapan sebesar 99,1 %.

Kesembilan, LAKIP tahun 2016 ini kita mendapat nilai predikat CC.

Serta yang terakhir,  kesepuluh, Berikut dibidang Hak Asasi Manusia Pemkab Kubar meraih penghargaan pada bidang Hak Asasi Manusia (HAM) yang dianggap peduli terhadap HAM. Dalam hal ini, Pemkab Kubar meraih penghargaan dengan predikat Kabupaten Cukup Peduli HAM, penghargaan tersebut diserahkan Presiden RI Joko Widodo kepada Wakil Bupati Kubar H Edyanto Arkan SE yang mewakili Pemkab Kubar. Penyerahan penghargaan sendiri diadakan dalam acara Peringatan Hari HAM Sedunia ke 69 tahun 2017.

“Seluruh pencapaian ini kami sadari bukan karena kuat dan hebat kami tapi karena kuasa dan kasih Tuhan serta sinergitas dan kerjasama dari seluruh elemen baik perangkat daerah dan seluruh masyarakat. Semua capaian ini tentu saja akan memotivasi kami untuk senantiasa berbuat yang terbaik demi kesejahteraan masyarakat,“ ujarnya.

Sementara itu, Sambutan Ketua Panitia, Silvanus Ngampun menambahkan ada beberapa hal terkait rangkaian kegiatan pelaksanaan Natal Oikoumene Tahun 2017. Kegiatan ini berjalan demi terwujudnya kerukunan dan kesatuan dalam iman umat Kristiani, serta menjalin adanya rasa kebersamaan dan kekeluargaan.

Dengan mengacu pada tema nasional yaitu Hendaklah Damai dan Sejahtera Kristus Memerintah Dalam Hatimu (Kolose 3:15)  dimana Sub Tema Dengan Perayaan Natal Oikumene Kita Membangun Sukacita Demi Terwujudnya Damai Kristus Diantara Sesama Menuju Hari Esok Yang Lebih Baik Daripada Hari Ini.

Adapun beberapa kegiatan yang terkait dengan pelaksanaan Natal Oikoumene yakni Pawai Natal yang diikuti sebanyak 190 unit peserta roda empat dan 210 unit peserta roda dua yang diikuti oleh Perangkat Daerah Di lingkungan Pemkab Kubar, Polres Kubar, Kodim 0912, Kecamatan , Perusahaan Sekolah, Gereja, LSM, Paguyuban dan Perguruan Tinggi.  (hms 19)

Berfoto Bersama seusai Perayaan Natal

Berfoto Bersama seusai Perayaan Natal

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>