Kabupaten Kutai Barat

Menggali Potensi Kampung Atau Desa, Dan Dikembangkan Dengan Baik Akan Mampu Bersaing Dengan Daerah Lain (22/12/2018)

INOVASI DESA

Bupati Kutai Barat FX. Yapan memukul Gong tandai pembukaan Bursa Inovasi Desa Kabupaten Kutai Barat (FotoKominfo24. diskominfo.kutaibaratkab.go.id)

KOMINFOKUBAR, SENDAWAR – Pemerintah Kabupaten Kutai Barat menghadirkan 30 menu dalam Bursa Inovasi Desa 2018, Bursa Inovasi Desa adalah perputaran pengetahuan dan inovasi antar desa yang memenuhi kebutuhan desa untuk belajar dan bertukar informasi tentang penerapan pengalaman pembangunan desa, yang terbagi dalam 7 menu bidang Sumber Daya Manusia (SDM), 19 menu bidang kewirausahaan, dan 4 menu bidang Infrastruktur.  Peserta yang berasal dari perwakilan kampung, mencatat potensi di kampung, dan menyampaikan kebutuhan, dukungan teknis untuk merealisasikan inovasi pada kartu komitmen dan kartu ide  yang disediakan dan disampaikan ke panitia.

Bupati Kutai Barat FX. Yapan menuturkan, “kepala kampung dan jajarannya diharapkan benar-benar dapat memanfaatkan forum ini dengan optimal, karena kabupaten yang terdiri dari 190 kampung dan 4 kelurahan, memiliki potensi masing-masing jika dikelola dan dikembangkan dengan baik akan mampu bersaing dengan daerah lain, terutama Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni berpeluang untuk maju.” tegasnya.

Sementara menurut kepala BPMK Faustinus Syaidirahman, “Bursa Inovasi Desa adalah perputaran pengetahuan dan inovasi antar desa untuk belajar dan bertukar informasi tentang penerapan pengalaman pembangunan desa.” Tandasnya.

190 kepala kampung, Ketua BPK dan tokoh masyarakat mengikuti Bursa Inovasi Desa tahun 2018.Foto Kominfo24.

190 kepala kampung, Ketua BPK dan tokoh masyarakat mengikuti Bursa Inovasi Desa tahun 2018.Foto Kominfo24.

Kegiatan bursa inovasi desa yang dibuka secara resmi oleh  Bupati Kutai Barat FX.Yapan, digagas oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (BPMK) Kabupaten Kutai Barat berlangsung di Gelanggang Olahraga Desnan Sendawar, dengan dihadiri 850 orang dari 190 Kampung yang ada di Kabupaten Kutai Barat, terdiri dari Kepala Desa, Ketua Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) dan Tokoh Masyarakat, 80 orang pengurus Tim Pengelola Inovasi Desa (TPID) se-Kutai Barat, 50 perwakilan Pendamping Desa (PD), dan 102 orang pengurus Tim Inovasi Kabupaten (TIK).

Peserta bursa inovasi desa mengisi kartu komitmen dan reflikasi kartu inovasi desaku sesuai hasil pra-identifikasi untuk dimasukan dan diterapkan dalam Rencana Kegiatan Pembangunan Kampung (RKPK) serta Anggaran Pembangunan Belanja Kampung (APBK) tahun 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>