Kabupaten Kutai Barat

Masyarakat Mendukung Positif, Lokasi TPU Dalam Wilayah Kampung Balok Asa. Kamis (5/9/2019)

Dukung Positif Lokasi TPU

Kanan Kadis Perkimtan saat meninjau lokasi rencana TPU di kampung Balok Asa.kominfo Dos.kutaibaratkab.go.id

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR. Setelah melakukan konsultasi publik mengenaikan lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Gedung Balai Pertemuan Kampung Balok Asa, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan (PERKIMTAN) Kutai Barat, Stepanus mengunjungi lokasi yang nantinya akan dijadikan tempat pemakaman umum.

Lokasi yang berjarak tempuh kurang lebih 500 meter dari jalan raya tersebut searah dengan jalan menuju tempat pembuangan akhir (TPA) belaw yang memiliki luas area kesluruhan sebasar 15 hektar dan lahan untuk pemakaman seluas 13 hektar.

Kepala Dinas Perkimtan Stepanus mengatakan, terpilihnya wilayah kampung balok asa dikarena letak strategis  berada tidak jauh dari pusat  kota Sendawar dan permukaan tanah yang datar dan didukungan sepenuhnya oleh masyarakat Kampung Balok Asa.

“Tingginya respon masyarakat Kampung Balok Asa, melalui berbagai pentahapan proses dari beberapa tahun lalu dan berbagai masukan untuk pertimbangan, menjadikan terpilihnya lokasi di Kampung Balok Asa”, terangnya.

Menurut Petinggi Balok Asa Susanto mengatakan, masyarakat Kampung Balok Asa akan menikmati dampak positifnya seperti dengan melepaskan lahan ini selain mendapat ganti rugi atas pembebasan lahan,  “nantinya akan terserap tenaga lokal dalam pembangun dan terbukanya  akses jalan menuju ke lokasi TPU dan TPA Belaw, akan ada nilai tambah bagi masyarakat seperti; naiknya nilai harga tanah disepanjang  jalan tersebut dan kedepan tidak menutup kemungkinan akan ada Rukun Tetangga baru karena bertamabahnya warga di wilayah tersebut”, terangnya

Untuk Lokasi TPU tersebut, Disperkimtan hanya melaksanakan pembebasan lahan, sementara untuk pembangunan akan dilaksanankan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kutai Barat yang diperkirakan pembangunannya akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang.

Pembebasan lahan TPU tersebut terdapat 17 Kepala Keluarga yang lahannya akan  terkena dampak, terdiri dari 3 Rumah Tinggal, 1 Rumah Burung walet sisanya lahan perkebunan karet warga. kominfo dos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>