Kabupaten Kutai Barat

Masyarakat Harus Persiapkan Kelengkapan Kendaraannya Sebelum Digunakan. Kamis, (29/08/2019)

Gelar Operasi Patuh

Tenggah Bupati Kutai Barat, poto bersama usai apel operasi patuh mahakam, kominfo Lsr.kutaibaratkab.go.id

KOMINFOKUBAR – SENDAWAR – Mulai Hari Ini Kepolisian Resor Kutai Barat Berlakukan Operasi Patuh Mahakam pada Kamis 29 Agustus 2019, ditandai dengan  menggelar apel operasi patuh mahaman dilapangan apel Polres Kutai Barat yang diikuti ratusan personel gabungan dari Polri, TNI, Dishub, dan Satpol PP Kutai Barat.

Apel yang di hadiri Bupati Kutai Barat, Kejari, Wakil Ketua PN, Dandim 0912/kbr  dan perwira menengah di lingkungan Polres Kutai Barat, dipimpin langsung oleh Kapolres Kutai Barat  AKBP  I Putu Yuni Setiawan.

Operasi Patuh Mahakam ini pun direspon positif Bupati Kutai Barat FX Yapan mengatakan,  sangat mendukung  upaya yang  dilakukan oleh kepolisian dalam hal penegakan hukum berlalulintas,  operasi patuh ini merupakan agenda tahunan yang terus dilakukan oleh jajaran kepolisian, untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat kepada pengguna kendaraan agar tertib dalam berlalulintas.

Kegiatan Operasi Patuh ini untuk menjamin keselamatan bersama, untuk itu dihimbau kepada masyarakat taatilah aturan dan prosedur yang ada, karena itu demi keselamatan bagi pengguna jalan.  “Masyarakat Kutai Barat  harus menjadi pelopor keselamatan dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pengguna jalan lain.  Ciri- ciri daerah maju adalah masyarakatnya taat dan patuh terhadap aturan”, terangnya.

Kepala Polres Kutai Barat AKBP I Putu Yuni Setiawan menegaskan, bahwa Operasi Patuh ini digelar serentak dalam rangka penegakan penertiban lalu lintas. Hal itu sesuai surat telegram rahasia dari Mabes Polri, untuk jajaran Kepolisian di Indonesia,  dan ini merupakan operasi kepolisian terpusat, dari Sabang sampai Merauke, untuk di Kutai Barat  namanya operasi Patuh Mahakam”, tegasnya.

“Terhitung mulai hari ini Kamis 29 Agustus 2019 operasi patuh resmi digelar, dan akan berlangsung selama 14 hari kedepan hingga 11 September 2019 di seluruh Indonesia, termasuk di Kutai Barat”, ungkapnya dalam sambutannya.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, operasi patuh dititik-beratkan pada tindakan penegakkan hukum sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009, pada operasi mahakam ini upaya dilaksanakan “Operasi patuh 75 persen itu bersifat represif (penindakan) untuk preventifnya sekitar 30 persen, melalui operasi razia rutin dilaksanakan”, terangnya.

Kemudian dijelaskannya bahwa petugas lalu lintas akan memeriksa kelengkapan kendaraan bermotor seperti SIM, STNK, helm, dan kelengkapan kendaraan lainnya.  Termasuk pengendara yang mengemudi dalam kondisi mabuk.  “Operasi Patuh Mahakam ini diberlakukan bagi semua kendaraan bermotor, jadi akan dilakukan penindakan kasat mata dan pelanggaran prioritas yang sudah ditentukan, untuk itu mengimbau kepada masyarakat Kutai Barat, agar sebelum menggunakan kendaraan dipastikan  alat keselamatan berkendara dilengkapi  begitu juga dengan surat – surat kendraaan yang harus terus dibawa”, tutupnya. Kominfo Lsr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>