Kabupaten Kutai Barat

Launching Rumah Pintar Pemilu

KB-5-Rumah Pintar (4)

SENDAWAR – Dalam upaya mengoptimalkan peran serta masyarakat mendukung kehidupan berdemokrasi yang lebih matang dan dewasa, dimana Pemilu sebagai produk dari demokrasi serta nilai-nilai demokrasi yang dianut Indonesia sebagai cara untuk memilih pemimpin. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) melakukan launching Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang diresmikan oleh Asisten II. RPP tersebut terletak di komplek perkantoran Pemkab Kubar, Barong Tongkok atau masih satu atap dengan kantor KPU Kubar,  Selasa (4/4)

Lebih lanjut dalam sambutan tertulis Bupati Kubar FX Yapan SH yang dibacakan Asisten II Drs Yohanes Kinam R menuturkan, tujuan umum RPP untuk meningkatkan partisipasi pemilih baik secara kualitas maupun kuantitas dalam seluruh proses penyelenggaraan pemilu selanjutnya RPP sebagai pusat informasi kepemiluan. Tujuan khusus keberadaan RPP ini mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemilu dan demokrasi dengan cara, Memperkenalkan nilai-nilai dasar pemilu dan demokrasi. Meningkatkan pemahaman pentingnya demokrasi. Menanamkan kesadaran nilai berdemokrasi seluruh segmen. Turut hadir Kapolres Kubar, Anggota DPRD Kubar, serta para Komisioner KPUD dari Balikpapan, Kukar dan Mahakam Ulu.

Bupati menambahkan, mengacu pada tujuan hadirnya RPP di setiap daerah baik provinsi, kabupaten, kota tidak lain adalah untuk mendukung upaya KPU dalam melaksanakan fungsinya yaitu mengumpulkan dan mengolah bahan penyusunan rencana anggaran Pemilu serta sebagai lembaga pengatur pelaksanaan pemilu.

Selaku Kepala Daerah saya sangat mendukung program ini. Saya menaruh harapan besar kepada warga masyarakat Kutai Barat agar kedepan semakin sadar akan pentingnya menggunakan hak pilih dengan baik dan tidak hanya itu saya ingin masyarakat semakin mengerti dan memahami tujuan pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dari data partisipan masyarakat pada tahun lalu 77 persen yang menggunakan haknya dalam pemilu lalu, saya harap kedepan jumlah partisipasi masyarakat mengalami peningkatan bahkan di angka 90 persen, terlebih dengan agenda pilgub pada tahun 2018 mendatang.

Selanjutnya Bupati berharap seluruh masyarakat sungguh-sungguh berpartisipasi secara aktif menentukan pemimpin daerah Kaltim. Kita semua berhak untuk memilih dan menentukan siapakah pemimpin Kaltim yang mampu membawa kita menuju hidup yang lebih adil, mandiri dan sejahtera. Dalam rangka mencapai tujuan dan harapan tersebut maka diupayakan peningkatan pemahaman, partisipasi masyarakat dalam PEMILU melalui keberadaan RPP  di Kabupaten Kutai Barat. RPP tidak hanya sebagai wahana edukasi yang bersifat informatif saja namun juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi aktif dan interaktif melalui diadakannya diskusi, FGD, Seminar dan kegiatan komunikasi lainnya yang memberi kesempatan warga masyarakat untuk meningkatkan sumber daya pengetahuannya mengenai PEMILU dan arti penting partisipasi politik masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama Ketua KPU Kubar FX Irianto menjelaskan dengan hadirnya RPP ini merupakan gagasan yang cukup cemerlang. Guna mendongkrak partisipasi dalam mensukseskan pemilu atau pelaksana demokrasi. Sebab di rumah pintar tersebut, KPU memajang informasi seputar kepemiluan, mulai dari sejarah pemilu, partai peserta dan pemenang pemilu, manfaat pemilu dan lain-lain. Selain dapat melihat informasi yang dipajang, pengunjung bisa mendapatkan informasi seputar kepemiluan melalui video, selain foto juga disediakan video yang berisi informasi tentang pemilu.

Menurutnya dengan hadirnya RPP ini dapat berguna untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat. Khususnya untuk mengedukasi anak-anak SD, SMP dan SMA hingga perguruan tinggi. Rumah pintar pemilih tersebut merupakan pilot project dari KPU Pusat. Dan untuk di wilayah Kaltim hanya ada empat kabupaten/kota yang ditunjuk untuk membuka RPP ini, yakni Bontang, Samarinda, Balikpapan dan Kubar.

KB-5-Rumah Pintar (3)

Asisten Ekonomi, Pembangunan & SDA   Setkab Kubar Drs. Yohanes Kinam R Didampingi Ketua KPUD Kubar, Kapolres Kubar Dan Anggota DPRD Kubar Memotong Pita Tanda Diresmikannya Launching RPP.

Selain membuka rumah pintar KPU Kubar juga siap menjadi patner atau pendamping para siswa untuk melakukan pemilihan ketua OSIS layaknya pemilihan umum yang diselenggarakan KPU. Sehingga penyelenggaraan pemilihan ketua OSIS bisa dilaksanakan lebih baik lagi. “Para pelajar dan mahasiswa bisa juga menggunakan fasilitas yang ada di sini (rumah pintar). Untuk belajar tentang pemilu atau demokrasi,” tegasnya

Serta para pengunjung atau yang akan melihat rumah pintar itu bisa melihat langsung tata cara pemilihan. Sebab pihak KPUD Kubar sudah mendesain ruang di RPP itu, dengan menyiapkan fasilitas  pedoman berupa sejarah pemilu, pentingnya pemilu dan demokrasi, sistem pemilu, tahapan pemilu, peserta pemilu, proses pemilihan, profil penyelenggara, uji pengetahuan pemilu, dan ruang audio visual.(hms10)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>