Kabupaten Kutai Barat

Kunjungan P2TP2A Kutai Barat “ Pelangi Kasih”

KB-5- Silahturahmi

SAMARINDA- Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) “Pelangi Kasih” Kabupaten Kutai Barat  menyambangi Kantor P2TP2A “Odah Etam” yang beralamatkan Jl. Dewi Sartika No. 13 Gedung III Lt. I Samarinda, baru-baru ini.

Kunjungan tersebut dilakukan oleh Ketua P2TP2A  Pelangi Kasih Kutai Barat, Lusiana Ipin melalui Penanggung Jawab  yang juga sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kubar, Yohana. Kemudian Wakil Ketua I yang juga Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak, Maria Sari, Sekretaris P2TP2A Pelangi Kasih, Hj Endang Hartini, Anggota P2TP2A, Aprianti.

Saat bertandang tim P2TP2A  Pelangi Kasih Kubar disambut hangat Ketua P2TP2A Odah Etam Propinsi Kaltim, Eka Komariyah Kuncoro melalui Wakil Ketua II P2TP2A, Hardiana Muriani.

Ketua P2TP2A “Pelangi Kasih” Kubar melalui Penanggung Jawab yang juga Kepala Dinas P2KBP3A Kubar, Yohana mengatakan dengan berkunjung selain silahturahmi, juga tukar informasi. Serta banyak hal-hal informasi yang didapat terkait P2TP2A.

Yohana menuturkan Kelompok Kerja (Pokja) yang ada di kepengurusan P2TP2A Pelangi Kasih Kubar bisa berjalan untuk membantu orang-orang yang dalam pemecahan masalahnya.

KB-5- Foto Bersama“Yang perlu dimantapkan dalam kepengurusan ini yakni kepedulian dan kemauan dalam pemecahan masalah ini, dimana kepengurusannya diambil dari lini instansi terkait. Berharap ini berjalan dengan baik,” harapnya.

Ditambahkannya, diberi nama Pelangi Kasih, sebab pelangi yang memiliki berbagai ragam jenis warna diibaratkan berbagai macam permasalahan yang timbul. Sedangkan kasih artinya dalam memberikan pelayanan dengan sentuhan kasih.

Sementara itu, Wakil Ketua I yang juga Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak, Maria Sari menambahkan, agar P2TP2A Pelangi Kasih berjalan dengan baik, yang pertama dibangun yakni, kerjasama yang baik antar lembaga terkait, sesama pengurus P2TP2A sendiri, tokoh masyarakat dan masyarakat.

Kedepannya, tuturnya, dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui sosialisasi-sosialisasi. Sosialisasi yang diberikan kapanpun dan tidak terlalu kaku atau formal. Namun, hingga saat ini masyarakat belum banyak yang mengetahui dan paham, untuk itu perlu kerja keras kita semua, tidak hanya pengurus P2TP2A ataupun Dinas P2KBP3A Kubar tetapi juga masyarakat, bebernya.

Selain itu, Ketua P2TP2A Odah Etam Propinsi Kaltim, Eka Komariyah Kuncoro melalui Wakil Ketua II P2TP2A, Hardiana Muriani mengatakan sangat senang dengan kedatangan kepengurusan P2TP2A Pelangi Kasih Kubar.

“ Kami sangat senang dan merasa terhormat, memang P2TP2A merupakan kebijakan nasional harus terbentuk di semua propinsi dan Kabupaten/Kota. Sehingga peran kami kepegurusan di Propinsi memang mendorong Kabupaten/kota untuk keaktifannya disetiap daerah. Karena, banyak sekali persoalan –persoalan perempuan dan anak ditangani pemerintah saja, tetapi juga masyrakat. Salah satu lembaganya seperti P2TP2A.

Berharap P2TP2A Pelangi Kasih Kubar akan berkembang dengan baik dan tentunya perlu mohon dukungannya baik dari Kepala daerah dan juga pihak-pihak terkait. Sehingga apa-apa yang menjadi persoalan masyarakat berkaitan dengan perempuan dan anak yang tadinya kemungkinan masyarakat takut atau mungkin khawatir untuk melaporkan kepihak-pihak berwajib atau mungkin tidak tau harus kemana. Dengan adanya unit pelayanan yang menjadi fungsi koordinasi dari dinas P2TP2A ini, bisa maksimal membantu dan memberikan kemudahan-kemudahan kepada masyarakat dalam penanganan kasus perempuan dan anak.

Diketahui P2TP2A merupakan pusat kegiatan terpadu yang didirikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan menyediakan pelayanan bagi masyarakat Indonesia terutama perempuan dan anak korban tindak kekerasan. P2TP2A bertujuan untuk elakukan pelayanan bagi tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak dan berupaya memberikan kontribusi terhadap pemberdayaan perempuan dan anak dalam rangka terwujudnya Kesetaraan dan Keadilan Gender.

Pengelola P2TP2A merupakan masyarakat, unsur pemerintah, LSM perempuan, pusat studi wanita, perguruan tinggi dan organisasi perempuan serta berbagai pihak lainnya yang peduli dengan pemberdayaan perempuan dan anak dengan fasilitator Badan Pemberdayaan Masyarakat di setiap provinsi seluruh Indonesia. P2TP2A Pelangi Kasih Kabupaten Kutai Barat terbentuk sejak 2012.  (hms 19)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>